oleh

10 Ide Kreatif Daur Ulang Botol Plastik Bekas

Diantara beragam jenis sampah yang dihasilkan oleh industri rumah tangga, sampah plastik merupakan sampah yang paling sulit diuraikan oleh alam. Struktur kimia plastik sebagai senyawa organik polymer terbentuk dari rantai karbon yang sangat kuat. Sehingga butuh waktu yang sangat lama, bahkan hingga ratusan tahun lamanya untuk dapat mengurai sampah plastik secara alami. Padahal keseharian kita tentu tak lepas dari konsumsi plastik, baik berupa kantong plastik ataupun wadah atau kemasan makanan.

Maka untuk mengurangi jumlah sampah plastik yang terus meningkat, Anda bisa melakukan daur ulang, yakni memanfaatkan atau mengolah kembali sampah plastik menjadi suatu benda yang berguna. Salah satu sampah plastik yang berpotensi untuk dikreasikan adalah botol minuman.

Daur Ulang Botol

Anda bisa mengolah botol minuman plastik menjadi bermacam-macam benda dengan peralatan sederhana dan proses kerja yang mudah. Misalnya mengubah botol plastik menjadi pot bunga atau wadah penyimpanan. Mau tau ide kreasi lainnya? Ini dia inspirasinya.

Pot Bunga

Kreasikan botol plastik bekas menjadi pot bunga yang cantik. Caranya mudah, yakni dengan memotong botol menjadi dua atau tiga bagian, kemudian lapisi dengan cat berwarna. Jangan lupa memberi lubang-lubang kecil di bagian bawah pot untuk mengalirkan air.

Dompet Koin

Botol plastik bekas juga dapat digunakan menjadi dompet kain. Anda cukup menambahkan sebuah ritsleting (zipper) untuk menggabungkan potongan botol plastik sehingga bentuknya berubah menjadi dompet.

Tempat Lilin Dekoratif

candle-in-water-bottle-afterManfaatkan potongan botol plastik bekas menjadi tempat lilin. Kemudian percantik tampilannya dengan menambah pasir dan batu koral berukuran kecil.

Pot Gantung

Jika cara membuat pot tanaman diatas dengan memotong botol plastik, maka untuk membuat pot gantung ini Anda cukup melubangi salah satu sisi botol lalu tempelkan ke permukaan dinding menggunakan perekat atau lem khusus agar tahan lama. Jangan lupa melubangi bagian bawah pot untuk mengalirkan air.

Wadah Aksesori

Bingung dimana lagi menyimpan koleksi aksesori dan perhiasan yang sudah menumpuk? Yuk manfaatkan botol plastik bekas menjadi wadah. Anda membutuhkan sebatang besi dan sekrup untuk menahan potongan botol yang sudah dilubangi di bagian tengahnya. Tampilannya tak kalah cantik dengan tempat aksesori ala butik lho!

Tirai

Anda mungkin pernah melihat tirai berbahan plastik, namun bagaimana dengan tirai dari potongan botol plastik? Ya, Anda potongan botol plastik bisa dikreasikan menjadi tirai yang unik dan menarik.

Tempat Pensil

Gunakan botol minuman plastik menjadi tempat pensil. Agar terlihat menarik, Anda bisa menghiasnya dengan cat dekoratif atau menyematkan pita.

Loker Koran

Daripada dibiarkan menumpuk dan mengganggu pemandangan, simpan koleksi koran atau majalah di dalam rak botol plastik. Anda bisa menggunakan botol plastik berkapasitas 1 liter yang sudah dipotong bagian atasnya.

Tempat Lilin

Hiasi meja makan Anda dengan tempat lilin unik dari botol minuman plastik. Cara membuatnya mudah, yakni dengan dengan menggunakan potongan dua botol bekas bagian atas dan menggabungkannya dapat dibuat tempat lilin yang cantik.

Segel Plastik

Gunakan bagian tutup botol plastik bekas menjadi segel plastik dengan cara memotong bagian atas botol, kemudian masukkan ujung plastik lalu tutup rapat.

Foto : berbagai sumber

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed