12 Hal Yang Harus Dilakukan Ketika Pindah ke Rumah Baru

rumah if
Foto: Ifran Nurdin

Entah membeli atau menyewa tempat tinggal baru, mendapat rumah baru yang lebih baik dari sebelumnya tentu membuat Anda bersemangat ketika pindah. Sebelum pindah ke tempat baru Anda perlu memperhatikan pengemasan barang yang efektif dan perkirakan juga berapa biaya pengangkutan barang-barang Anda dari rumah lama ke rumah baru. Setelah sampai ke tempat baru, ada banyak hal yang harus Anda perhatikan dan Anda lakukan untuk memberikan kenyamanan dan ketenangan ketika menempati rumah baru. Berikut 12 hal yang harus dilakukan ketika pindah ke rumah baru:

( Baca juga: Ini Alasan Harus Pindah Rumah Saat Renovasi )

Mengganti Kunci

pintu
Foto: cargocollective.com

Tanpa perlu mengganti handle pintu, Anda bisa memiliki kunci baru dengan mengganti silinder kunci untuk memiliki kunci baru yang berbeda dari pemilik sebelumnya. Hal ini untuk meningkatkan keamanan rumah baru Anda.

Membersihkan Rumah Secara Menyeluruh

Tidak semua penghuni lama membersihkan rumah yang ditinggalinya. Untuk yang satu ini, Anda perlu bekerja keras membersihkan seluruh bagian di rumah Anda. Dalam keadaan kosong, Anda sangat mudah untuk membersihkan rumah secara mendalam. Anda bisa membersihkan lantai hingga ke sudut-sudutnya, pinggir jendela, hingga lubang angin. Kamar mandi dan kloset merupakan bagian yang harus diperhatikan lebih. Bila perlu Anda mengganti dudukan kloset dengan yang baru.

Miliki Peralatan Kebersihan yang Memadai

cleaning tools
Foto: apartmentguide.com

Untuk mendapatkan rumah yang bersih secara keseluruhan, Anda perlu punya peralatan kebersihan yang lengkap, mulai dari sapu, sikat, vacuum cleaner, kain pel dan peralatan pembersih lainnya. Jika peralatan kebersihan yang Anda miliki sebelumnya tidak memadai, segera beli peralatan kebersihan yang baru. Selain bagian rumah, Anda juga perlu membersihkan perabotan yang telah Anda punya, seperti lemari, karpet, dan lainnya, agar rumah baru Anda semakin nyaman untuk dihuni.

Mengecat Ulang Dinding dan Langit-Langit

cat
Foto: lifehacker.com.au

Rumah baru yang dalam keadaan kosong tentunya akan lebih mudah dibanding Anda sudah memasukkan keseluruhan barang Anda. Mengecat seluruh bagian rumah memang cukup memakan biaya. Akan tetapi hal ini hanya memang dibutuhkan ketika langit-langit dan dinding rumah baru Anda sudah tampak buruk. Misalnya ada banyak coretan di dinding, atau bekas rembesan air hujan, dan langit-langit yang berjamur. Cat bagian yang memang perlu dicat. Jika Anda ingin memberikan warna baru untuk bagian rumah Anda, bisa Anda lakukan bertahap di waktu-waktu selanjutnya.

( Baca juga: Bongkar Pasang Susunan Ruang )

Mengukur Ruang dan Mengatur Perencanaan Ruang

Foto: hometips.com
Foto: hometips.com

Mengukur tiap ruangan di tempat tinggal baru Anda akan membantu Anda ketika memilih dan menempatkan furnitur. Dengan mengukur ruang dan furnitur yang Anda punya, Anda tidak akan kebingungan dalam penataannya. Hal ini juga akan membantu jika Anda ingin membeli furnitur baru. Pastikan Anda tidak sembarangan beli barang baru, tapi perhatikan ukurannya apakah sesuai untuk ditempatkan di rumah Anda.

Membeli Furnitur yang Dibutuhkan

Untuk Anda pasangan baru yang akan menempati rumah baru, mungkin saja belum memiliki banyak furnitur. Untuk itu isilah rumah baru Anda dengan furnitur yang fungsional dan memang benar-benar Anda butuhkan. Hindari membeli furnitur baru hanya berdasarkan keinginan. Belilah yang memang menjadi kebutuhan dasar terlebih dahulu, seperti tempat tidur dan lemari. Sisa keperluan lainnya bisa Anda beli di kemudian hari. Buatlah skala prioritas mana barang-barang yang harus diutamakan ada.

Miliki Perkakas Pertukangan

Foto: myfamilyenglish.com
Foto: myfamilyenglish.com

Peralatan seperti paku, bor, atau tangga, bisa saja Anda perlukan untuk rumah baru Anda. Mungkin Anda menemukan paku-paku menancap tidak beraturan di dinding rumah baru Anda, atau Anda ingin menambah ambalan untuk memajang koleksi di rumah baru Anda, memasang lampu dan lain sebagainya. Memiliki perkakas pertukangan yang cukup lengkap dapat digunakan untuk jangka waktu yang lama dan dapat dipakai sewaktu-waktu ketika diperlukan lagi.

Menyingkirkan Hama

Semprotkan pembasmi serangga ke rumah baru. Terutama jika rumah baru Anda sudah beberapa hari ditinggal lebih dulu oleh penghuni lamanya. Sangat mungkin ada semut bersarang, nyamuk-nyamuk, atau bahkan kecoa. Perhatikan juga bagian teras depan dan belakang, hama dan serangga di rumah baru akan mengurangi kenyamanan Anda.

( Baca juga: 5 Tanda Rumah Anda Perlu Makeover )

Hindari Membongkar Semua Barang

unpacking
Foto; keymoving.com

Ketika sampai di rumah baru dan menurunkan barang-barang dari truk, Anda pasti berpikir untuk membongkar semua barang. Hindari hal tersebut, karena itu akan membuat rumah berantakan dan membuat Anda kelelahan di awal. Lebih baik pisahkan keperluan-keperluan penting seperti handuk, sprei, peralatan mandi, peralatan makan dan beberapa pakaian yang akan Anda pakai untuk beberapa hari ke depan.

Fokus untuk Bagian Kamar

kamar
Foto: insideout.com.au

Jangan merepotkan diri Anda untuk merapikan bagian ruang tamu atau ruangan lainnya, yang harus diutamakan rapi terlebih dahulu adalah kamar tidur Anda, dan kamar anak, jika Anda sudah memiliki anak. Ruang lainnya bisa Anda atur di hari selanjutnya.

Perhatikan Jaringan Listrik dan Pengangkutan Sampah

Pastikan jaringan listrik di rumah baru Anda dalam keadaan baik. Periksa instalasi lampu di setiap ruangan, apakah masih berfungsi dengan baik. Anda akan kerepotan menempatkan penerangan jika instalasi lampu yang terpasang ternyata rusak, atau bermasalah. Begitu juga dengan pengangkutan sampah. Tanyakan kepada pemilik rumah sebelumnya atau pada tetangga bagaimana sistem pengangkutan sampah di tempat baru Anda, berapa iuran yang harus Anda bayarkan setiap bulannya.:

Berkenalan dengan Lingkungan Baru

Setelah cukup lelah membongkar barang dan merapikan rumah, berjalan-jalanlah di lingkungan sekitar. Sapalah tetangga yang Anda temui, dan jika memungkinkan, perkenalkanlah diri Anda.

( Baca juga: Percantik Interior dengan Dinding Half Painted )

1 COMMENT

LEAVE A REPLY