oleh

3 Bahan Alami Untuk Usir Bau Tak Sedap Dalam Sekejap

-Interior, Tips-2.040 views

Salah satu solusi mengatasi bau tak sedap pada ruangan adalah menempatkan atau menyemprotkan pengharum ruangan. Tapi tahukah Anda bahwa bahan kimia yang terkandung di dalam pengharum ruangan berbahaya bagi kesehatan? Ya, senyawa kimia yang terdapat di dalamnya bisa menyebabkan gangguan pernafasan dan penyakit lainnya. Oleh sebab itu sebaiknya minimalisir penggunaannya dan ganti dengan pengharum ruangan yang alami.

Anda bisa membuat pengharum ruangan sendiri dengan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan. Sejumlah bahan makanan memiliki aroma khas yang mampu menyegarkan sekaligus menetralisir bau tak sedap. Apa saja jenisnya? Ini dia bahan makanan yang dapat Anda pilih.

Aroma Buah

Jika menyukai aroma buah, Anda bisa menggunakan jeruk lemon. Aroma segar jeruk lemon mampu mengusir bau tak sedap dalam sekejap. Itu sebabnya aroma buah ini sering digunakan untuk pengharum ruangan. Cara membuatnya mudah, iris-iris jeruk lemon dan letakkan dalam wadah atau piring kecil. Kemudian letakkan pada ruang yang berbau.

Irisan lemon juga bisa digunakan di dapur, lho! Tempat pembuangan sampah di dapur kerap menguarkan bau tak sedap. Irisan jeruk lemon yang diletakkan di sampah dapur, bisa menetralisir bau, sehingga dapur bebas bau.

Aroma Kopi

Diseduh ataupun tidak, kopi sudah mengeluarkan aroma yang harum. Karena itu, kopi yang berbentuk bubuk bisa digunakan untuk mengharumkan ruang. Tinggal menempatkannya dalam wadah-wadah kecil, kopi bubuk bisa langsung diletakkan di ruangan yang berbau. Kopi ternyata juga ampuh untuk mengusir bau cat yang menyengat.

Aroma Rempah

Jika ingin pengharus ruangan yang lebih awet dan tahan lama, tengoklah bumbu-bumbu yang tersimpan di rak dapur. Bumbu rempah seperti cengkeh, jahe, kayu manis, rosemary, atau basil bisa disulap jadi pengharum ruangan.

Caranya, pilih 2-3 jenis rempah yang aromanya Anda sukai. Lalu, masukkan dalam air dan rebus sampai mendidih. Air rebusan inilah yang digunakan sebagai pengharum ruangan.

Cara lainnya, sangrai kayu manis setengah matang atau hingga mengeluarkan aroma harumnya. Setelah itu wadahi dalam piring-piring kecil dan tempatkan dalam ruang yang berbau tak sedap. Aroma manisnya dijamin membuat betah berlama-lama dalam ruang.

Foto : tif

Penulis : Esti Galuh Arini / Astri Diana

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed