3 Cara Menjaga Kitchen Sink Tetap Bersih

sink2

Apa tempat paling kotor dalam rumah Anda? Pasti Anda berpikir toiletlah tempat paling kotor di rumah. Tapi Anda salah. Tempat paling kotor di rumah Anda adalah kitchen sink atau bak cuci piring di dapur Anda. Sink dapat penuh dengan segala macam bakteri yang bisa membuat Anda dan keluarga Anda terserang penyakit.

Bayangkan apa saya yang Anda masukkan ke dalam sink sepanjang hari? Tidak hanya piring kotor, tapi juga bakteri dari mencuci buah dan sayur, sisa-sisa pengolahan masakan, dan lain sebagainya. Menurut sebuah penelitian Dr Chuck Gerba, profesor mikrobiologi di University of Arizona pada tahun 2008, 46% dari sink yang diuji terbukti memiliki total bakteri lebih dari 100.000 per sentimeter persegi, bakteri itu termasuk E.coli, campylobacter, and salmonella. Jumlah ini melebihi jumlah bakteri yang ada di toilet duduk, dimana ditemukan 50 bakteri per inci persegi.

Untuk mengurangi bakteri yang ada di sink, yang bisa Anda lakukan adalah menjaga sink tetap bersih, dan itu tidak sulit. Dapur yang minim bakteri akan membantu Anda dan keluarga terhindar dari penyakit. Berikut cara mudah dan sederhana untuk menjaga kebersihan bak cuci piring di dapur Anda.

( Baca juga: Cara Praktis Bersihkan Saluran Air yang Tersumbat )

Bersihkan Sink Setiap Hari

Bersihkan sink dengan menambahkan cairan pencuci piring ke bak cuci piring dan siram dengan air hangat. Bersihkan dengan spons bersih, kain atau serbet dan gosok dengan lembut campuran air hangat dan sabun. Bilas dengan air mengalir. Segera cuci kain bekas mengelap sink, dan jangan gunakan untuk mengelap countertop Anda.

Keringkan Sink Setelah Digunakan

Gunakan serbet untuk mengeringkan sink yang habis digunakan. Menjaga wastafel dapur tetap kering akan membantu mengurangi pertumbuhan bakteri, karena bakteri cenderung berkembang lebih baik di area yang basah dan hangat.

( Baca juga: Apa Saja Pertimbangan Membeli Kitchen Appliances? )

Jangan Lupakan Kebersihan Keran

Tidak hanya bagian bak cuci piringnya saja yang perlu Anda perhatikan kebersihannya, tapi juga bagian keran dan leher keran. Terlebih keran sering sekali disentuh dalam sekali cuci piring. Basuh keran dengan air hangat dan bersihkan dengan cairan anti bakteri.

(Baca juga: Tips Mengatasi Rembesan Air Pada Kitchen Sink )

Foto: Ifran

LEAVE A REPLY