3 Hal Penting Yang Wajib Diperhatikan Saat Merangkai Bunga Kering

bunga keringBagi Anda pecinta bunga, tentu sudah tak asing lagi mendengar istilah oshibana. Diadaptasi dari budaya Jepang, oshibana merupakan teknik merangkai bunga kering. Kelompok bunga kering disini tak hanya sebatas kelopak bunga saja, batang dan dedaunan pun bisa dikeringkan dan diolah menjadi rangkaian bunga kering yang cantik.

Seni merangkai bunga kering sendiri sudah mulai populer di Indonesia. Kreasinya tak lagi sekedar hiasan kartu ucapan saja, rangkaian bunga kering bahkan bisa diolah menjadi aksesori rumah yang eye catching, misalnya menjadi hiasan dinding atau hiasan meja.

“Media untuk membuat rangkaian bunga kering kini semakin beragam. Bisa diaplikasikan di atas kertas, kayu, dan bahkan di atas batu. Dengan berbekal kreativitas, Anda bisa menghasilkan kreasi bunga kering yang cantik dan menarik” papar Nur Aisyah dari Rumah Bunga saat memberikan materi pada workshop ‘Membuat Kartu Ucapan Dari Bunga Kering” yang merupakan bagian dari rangkaian acara Living World Asri Home Festival 2016 di Alam Sutera, Jakarta.

Meskipun terlihat mudah, sesungguhnya dibutuhkan ketelitian dan kreativitas untuk menghasilkan karya yang indah. Berikut ini adalah tips-tips dari Nur untuk Anda yang baru saja mencoba menekuni seni yang diadaptasi dari budaya Jepang ini.

Konsep dan Pola

Sebelum mulai mengerjakan, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan konsep dari rangkaian bunga yang akan dikerjakan. Ambil secarik kertas dan pinsil, kemudian mulailah menggambar pola yang Anda inginkan. Setelah itu, buat pola atau tentukan titik fokus dimana rangkaian bunga akan dibuat. Cara ini memudahkan Anda dalam mengerjakan serta memperoleh hasil yang rapi.

Proporsi dan Posisi

Beragam jenis bunga dan dedaunan kering terkadang membuat Anda bingung menentukan mana yang hendak dipilih. Terlalu banyak jenis bunga justru membuat karya Anda terlihat penuh dan berantakan. Jadi, pilih beberapa jenis bunga lalu atur posisinya sesuai dengan pola yang telah Anda gambar sebelumnya. Jangan menumpuk bunga di satu titik saja, kombinasikan letak bunga, dedaunan dan batang agar hasilnya tak terlihat monoton.

Proses Menempel

Butuh kesabaran dan ketelitian saat mengerjakan proses menempel. Ukuran bunga yang kecil dan tekstur daun yang tipis tentunya menyulitkan kita untuk mengoleskan lem dan menempel di atas media dengan rapi. Anda bisa menggunakan pinset atau ujung kuas untuk mengambil dan meletakkan bunga di atas media yang digunakan. Jangan lupa langsung membersihkan lem yang berantakan menggunakan tissue bersih.

LEAVE A REPLY