oleh

3 Jenis Kayu Alternatif Untuk Pelapis Dinding

Menggunakan kayu sebagai elemen interior selalu menjadi jurus jitu para desainer interior untuk menciptakan suasana hangat pada ruangan. Jika dulu kayu digunakan sebagai material penutup lantai, kini fungsinya pun berkembang menjadi elemen estetis. Keindahan warna serta serat kayu menjadikan material ini sebagai alternatif material pelapis dinding.

Untuk memasang panel kayu pada dinding, Anda bisa menggunakan paku atau skrup. Namun sebelumnya pastikan dulu kondisi dinding beserta plester dan aciannya. Sebab kualitas dinding yang buruk dan lembab dapat mempercepat proses kerusakan pada papan pelapis. Anda bisa menggunakan campuran semen dan pasir dimana komposisi semen sedikit lebih banyak dari adukan biasa. Campuran ini akan membuat dinding lebih kering dan kedap air.

pelapis dinding kayu

Foto : google.com

Beralih pada jenis kayu, ada beberapa jenis kayu yang bisa Anda pilih sebagai penutup dinding. Mulai dari kayu solid hingga kayu olahan. Menggunakan panel kayu solid memang memiliki banyak keuntungan dibandingkan jenis kayu lainnya. Meskipun harganya jauh lebih mahal, kayu solid memiliki serat yang indah serta kualitas yang kuat dan tahan lama. Alternatif lain, Anda bisa memilih beberapa jenis kayu lain berikut ini.

Teakblock

Bagi Anda yang menginginkan tampilan permukaan kayu layaknya menggunakan kayu jati, Anda bisa memilih teakblock. Lembaran jati ini digunakan untuk melapisi kayu lunak sebagai bahan utama panel. Sehingga lemabaran jati hanya berfungsi sebagai motif atau corak yang memberikan kesan kayu jati pada tampilannya.

Plywood

Plywood atau lebih dikenal dengan kayu lapis merupakan hasil perekatan dari beberapa lembaran kayu dengan tekanan tinggi. Plywood memiliki beberapa jenis ketebalan yang menentukan kekuatannya. Plywood dapat dilapisi HPL, veneer atau melaminto untuk memberikan motif ataupun tekstur, sehingga tampilannya tak kalah cantik dengan panel kayu solid.

Panel MDF

MDF adalah serbuk kayu halus yang diproses atau di press dengan suhu tinggi menyerupai bahan kertas yang tebal dan solid. MDF memiliki lapisan permukaan yang halus. Agar tampilan MDF menyerupai kayu solid, Anda bisa melapisinya dengan lembaran teakwood yang memiliki corak serupa dengan corak permukaan kayu solid.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed