3 Tips Memasang Keramik di Kamar Mandi

keramik untuk kamar mandi

Keramik sudah cukup umum digunakan sebagai material penutup lantai atau dinding kamar mandi. Tentunya, bukan tanpa alasan. Keramik terkenal karena kuat, tahan lama, mudah untuk dibersihkan, dan tersedia dalam berbagai warna, ukuran, serta bentuk. Dengan beragam corak itu pula, tampilan kamar mandi dapat diubah menjadi lebih atraktif. Meski begitu, saat memutuskan untuk menggunakan keramik, perhatikan tiap pilihan yang ada. Sebab, sekali memasangnya, keramik seolah dibuat untuk permanen. Berikut informasi jika Anda berencana untuk menghiasi dinding kamar mandi dengan beracam motif dari keramik.

Biaya dan Tema

Keramik memiliki banyak varian dengan harga yang beragam pula. Sebelum mulai membangun, akan lebih baik sesuaikan dana dan tema kamar mandi yang ingin dibuat terlebih dahulu. Pertimbangkan pula kualitas yang didapatkan. Memilih material dengan kualitas tinggi, berarti daya tahan dan kekuatannya terjamin. Namun, di saat yang bersamaan, Anda juga harus siap mengeluarkan uang cukup besar.

Selain itu, mengukur luas kamar mandi juga merupakan salah satu faktor penting. Dengan mengukurnya, Anda akan mengetahui jumlah keramik yang dibutuhkan. Tentu saja, sebelumnya sudah ditentukan terlebih dahulu ukuran keramik yang ingin diterapkan. Keramik tersedia dalam banyak ukuran, misalnya, 20cm, 30,cm, atau 40cm.

keramik untuk kamar mandi

Jenis Keramik

Ada banyak jenis keramik, seperti ubin, porselen, atau bahan batuan. Untuk bahan batuan, di antaranya ada batu kapur dan marmer. Bahan batuan tersebut sudah ditambahkan pelapis sehingga tak perlu khawatir jika nanti akan merembes.

Di antara semua jenis, glasur pada keramik memiliki beberapa model dan tipe, seperti glossy, satin, matte, atau bertekstur. Karena lantai kamar mandi akan sering terkena air, apa pun jenisnya pilihlah keramik dengan permukaan yang tidak licin atau bertekstur tidak rata sehingga nyaman saat beraktivitas. Sementara untuk dinding, keramik dengan tampilan glossy dapat digunakan agar mudah dibersihkan dari sisa sabun atau jamur.

Warna dan Motif

Variasi warna serta motif pada keramik memungkinkan untuk membuat berbagai dekorasi pada kamar mandi. Warna dapat membentuk nuansa, sementara motif mampu memperkuat tema yang diusung. Untuk luas yang terbatas, warna cerah dapat menjadi pilihan. Begitu pun dengan ruangan yang tidak terlalu sering terkena sinar matahari. Sementara motif, Anda dapat mencoba keramik bergambar serat kayu untuk menghadirkan kesan alami. Bisa juga, kamar mandi didesain dengan keramik berukuran kecil dengan pola-pola tertentu, seperti bentuk geometris atau floral.

Foto: Ifran Nurdin

*dari berbagai sumber

LEAVE A REPLY