4 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membangun Roof Garden

Keterbatasan lahan tak lagi menjadi alasan untuk menghadirkan area hijau di sebuah hunian. Kini, ada berbagai macam cara yang dapat Anda pilih untuk “menghijaukan” hunian, salah satunya adalah membangun taman di atap rumah atau yang populer disebut roof garden.

8613+8612+8615

Pemanfaatan fungsi atap menjadi taman kini tengah menjadi tren yang berkembang seiring dengan isu pemanasan global yang kemudian direspon oleh kampanye bangunan hijau. Aplikasinya mulai tampak pada atap gedung-gedung perkantoran, mall ataupun hotel karena terbukti mampu mengurangi efek rumah kaca sekaligus menjadi paru-paru kota.

Tren roof garden kini mulai merambah pada perumahan. Semakin terbatasnya lahan yang tersedia membuat pemilik rumah “memindahkan” taman mereka ke dalam rumah atau bahkan ke atap rumah. Membangun roof garden sebenarnya tidak sulit asalkan mengetahui dan memperhatikan tiap tahapan pengerjaannya. Berikut ini adalah poin penting yang harus Anda perhatikan sebelum mulai merancang roof garden.

6a010534c75d2a970c012876049a5a970cFoto : Thai Garden Design

  • Kekuatan dak atap rumah

Pastikan struktur atap rumah cukup kuat untuk menahan beban. Sebab dak beton tak hanya menahan bebannya sendiri, tetapi juga media tanam seperti tanah, tanaman, furnitur dan bahkan aktvitas dari si pengguna taman itu sendiri. Salah perhitungan pada kekuatan struktur atap beresiko menyebabkan robohnya bangunan.

 

  • Lapisan waterproofing

Konstruksi atap rawan bocor, sehingga dak beton harus dilapisi oleh material waterproofing terlebih dulu untuk mencegah merembesnya air ke ruangan yang ada di bawahnya.

  • Saluran drainase

Buatlah instalasi air bersih dan pembuangan kotor. Tambahkan kerikil, pasir dan batu apung agar air mudah mengalir ke lubang saluran pembuangan. Kemudian lapisi dengan ijuk yang berfungsi menahan butiran tanah agar tidak menyumbat saluran pembuangan.

  • Tinggi lapisan tanah

Buatlah lapisan paling atas taman menggunakan campuran tanah dengan pupuk kompos. Tinggi lapisan tanah cukup 5 hingga 15 cm saja. Kemudian tanami rumput dan tanaman sesuai selera. Anda juga bisa melapisi dak dengan lantai kayu untuk meminimalisir perawatan (maintanance). Terakhir, letakkan pot berisi tanaman berbunga di tepi taman atau tanaman rambat pada pagar pembatas.

Creative-rooftop-garden-design-with-wooden-bench-sea-viewFoto : Tapja.com

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY