4 Tanaman yang Cocok Dijadikan Pembatas dengan Lingkungan Luar

tumbuhan untuk privasi

Tanaman terkadang memiliki lebih dari satu fungsi untuk sebuah rumah. Mulai dari menghias rumah atau taman, membersihkan dan menyegarkan udara, menyaring suara, serta menjadi pembatas rumah dengan lingkungan luar. Untuk fungsi yang terakhir, banyak orang menjatuhkan pilihannya pada jenis tanaman dengan tampilan yang tinggi dan lebat.

Seperti pepohonan, bentuknya yang menjulang dan daun yang rimbun, tentu dapat memberi privasi penghuni rumah dari pandangan orang yang lewat. Orang luar pun barangkali tak menyadari fungsi lain tanaman di depan rumah tersebut. Selain itu, kehadirannya akan memberi nilai tambah tersendiri pada penampilan rumah.

Dari sekian banyak jenis tumbuhan yang bisa memberi privasi, jenis di bawah ini dapat dijadikann pilihan untuk ditanam di rumah. Beberapa sudah familiar dan yang lainnya mungkin terdengar baru, tapi semuanya tentu bisa memberi kesejukan dan melindungi pemandangan rumah dari lingkungan sekitar.

Bambu

qwikspot

Pohon ini tentu sudah sangat dikenal dan sering ditanam di pekarangan rumah masyarakat Indonesia. Bambu memiliki banyak jenis sekaligus manfaat. Proses penanamannya mudah dan tidak membutuhkan perawatan yang khusus. Bambu memiliki pertumbuhan yang cepat dan dapat meregenerasi secara alami. Dengan daya tahannya yang sangat tinggi, sangat tepat rasanya bambu ditanam di sekitar pagar atau bahkan menjadi pagar itu sendiri.

Pakis

gardenlandscaping

Tak berbeda dengan bambu, pakis juga sudah sangat terkenal di Indonesia. Memiliki banyak jenis, tumbuhan ini sudah sering digunakan sebagai tanaman hias di luar maupun di dalam rumah, salah satu yang terkenal ialah pakis boston. Ada jenis yang tinggi dan tipis, atau padat dan bersemak. Namun, semua jenis umumnya kuat dan hanya memerlukan sedikit perawatan.

Palem

organicgardendreams

Pohon palem tentu sudah sering ditemui, tak hanya di taman, di area publik atau pinggiran jalan raya pun tanaman ini dapat mudah dikenali. Palem memiliki banyak jenis, ada yang bisa ditanam di pot, seperti palem merah dan palem botol, atau tumbuh langsung di tanah, misalnya pelm putri atau palem raja. Dalam penanamannya, palem tidak membutuhkan perawatan yang berlebihan, tetapi berhati-hati saat menyiramnya agar tidak tergenang.

Japanese Holly dan American Holly

sjgbloom2012

Kedua tanaman ini masih bersaudara dan keduanya cocok ditanam untuk menjadi pagar rumah. Japanese holly memiliki karakter tinggi dan berduri, sementara American holly sekalipun tidak setinggi saudaranya, tanaman ini memiliki dedaunan yang lebat. Perlu diingat, untuk memangkas tumbuhan ini secara teratur, terutama untuk jenis American holly.

Foto: Ifran Nurdin

Teks: berbagai sumber

LEAVE A REPLY