4 Tips Sederhana Mempercantik Taman

tips untuk taman cantik

Taman di rumah terlihat tidak rapi dan tak terurus? Mendesain taman menjadi cantik memang bukan pekerjaan yang mudah. Banyak orang kini justru menyewa tenaga ahli untuk menciptakan keselarasan pada taman. Karena bagi mereka, taman bukan hanya untuk alasan kesehatan, tapi juga pelengkap tampilan rumah secara keseluruhan.

Lalu bagaimana jika tidak menggunakan tenaga ahli? Tentunya, dibutuhkan kesungguhan dan juga kesabaran. Namun, Anda tak perlu khawatir karena dengan beberapa tips sederhana di bawah ini Anda masih bisa membangun taman yang menawan.

Rumput

Rumput adalah salah satu komponen utama untuk membuat taman terlihat indah. Di antara banyaknya jenis rumput, rumput gajah merupakan yang paling populer. Harga murah dan dapat bertahan di mana saja ialah beberapa keunggulannnya. Jika tak ingin jenis tersebut, ada pula rumput jepang atau rumput peking sebagai alternatif. Lakukanlah penyiraman secara teratur untuk membuatnya tumbuh menjadi lebih hijau. Selain itu, gunakan pupuk kandang dan tidak memotong rumput terlalu pendek.

tips untuk taman cantik

Bunga dan Pepohonan

Tanamlah satu atau dua jenis tanaman penghasil bunga dengan warna-warni yang menarik. Tampilan bunga tersebut jelas dapat mempercantik taman di rumah. Ada banyak bunga yang bisa ditanam, seperti mawar, melati, atau kembang sepatu. Tanaman rambat pada salah satu sisi taman juga dapat menambah daya tarik. Pilihlah tanaman rambat dengan bunga berwarna cerah, misalnya alamanda yang sudah cukup umum digunakan.

Selain bunga, menambahkan pepohonan juga cara untuk membuat taman semakin nyaman. Dengan daunnya yang rimbun, area tersebut menjadi lebih teduh dan sejuk. Pepohonan juga bisa menghalangi cahaya matahari karena ada beberapa jenis rumput yang tidak bisa terkena panas dengan intensitas tinggi. Tak hanya itu, kebisingan suara juga dapat diredam dengan kehadirannya.

Daun-Daun Mati

Apa yang paling mengganggu tampilan taman selain daun-daun mati yang berserakan? Rajin-rajinlah membersihkan daun-daun mati pada pepohonan Anda. Semak-semak yang tumbuh di sekitar taman juga dapat merusak pemandangan. Karena itu, sempatkanlah waktu untuk memotongnya, entah dengan cara manual atau dengan mesin.

Aksesori

Menambahkan beberapa aksesori pada taman juga salah satu cara untuk membuat tempat tersebut semakin menarik. Namun, ingat untuk tidak berlebihan. Cukup patung sederhana atau pancuran air. Anda juga bisa menempatkan beberapa furnitur, seperti kursi beserta meja, atau hanya sekadar bench. Gazebo dapat pula menjadi alternatif sehingga bisa menghabiskan waktu dengan lebih nyaman.

LEAVE A REPLY