5 Cara Atasi Masalah Plafon Melendut

Sama halnya seperti penutup dinding dan lantai, plafon pun tak luput dari masalah. Salah satu masalah yang seringkali terjadi pada pembatas antara atap dan ruang ini adalah bidang plafon yang melendut.

Penyebab lendutan biasanya disebabkan terjadinya penurunan rangka akibat pemasangan yang tidak siku, sehingga kerangka plafon pun jadi tidak simetris. Penyebab lainnya, bisa saja karena jarak rangka satu dengan lainnya terlalu lebar. Beban plafon tidak tersebar merata ke seluruh rangka, sehingga bagian yang tidak disangga rangka menimbulkan lendutan. Umumnya jarak antara rangka kayu atau rangka besi hollow dan metal puring berjarak sekitar 60-90cm atau 60cmx120cm. Semakin rapat maka akan semakin kuat dan boros bahannya.

Jika dibiarkan, plafon yang melendut dapat merusak keindahan ruang. Resiko terburuknya bahkan dapat mengancam keselamatan apabila plafon tak lagi mampu menahan beban. Bagaimana cara mengatasinya? Ini dia tipsnya!

Kenali penyebabnya

Perhatikan penyebab lendutan pada plafon ; bisa jadi karena pemasangan yang keliru atau rangka keropos dimakan rayap. Tandai bagian plafon yang melendut lalu mintalah bantuan tukang untuk memperbaikinya.

Bongkar plafon

Buka penutup plafon di bagian yang melendut. Apabila bagian rangka plafon rusak karena dimakan rayap, maka Anda harus mengganti seluruh rangka.

Tambah penahan rangka

Solusi berikutnya adalah menambahkan penahan rangka. Materialnya mengikuti material rangka awal. Jika Anda menggunakan rangka besi hollow, maka gunakan material yang sama pada penahan rangka. Kemudian pasang penahan rangka sesuai kondisi lendutan. Jika sebelumnya penahan rangka dipasang tiap 1,2m maka Anda bisa menambahnya menjadi tiap 60cm. Anda juga bisa menambahkan kabel sling yang dikaitkan ke rangka kuda-kuda atap untuk menahan beban plafon.

Ukur siku plafon

Jika penahan rangka selesai dipasang, pastikan rangka sudah presisi dengan menggunakan waterpass. Alat ini digunakan untuk mengukur siku plafon.

Tutup plafon

Terakhir, tutup plafon lalu cat ulang dengan warna yang sama pada bidang plafon lainnya.

 

Foto : maxresdefault

LEAVE A REPLY