5 Cara Mempercantik Teras Rumah

Jangan abaikan penataan teras depan rumah. Pasalnya, area transisi menuju ruang dalam ini juga memiliki peran yang penting dalam menciptakan impresi sebuah bangunan dengan posisinya yang terletak pada wajah bangunan (fasad). Beberapa pemilik bahkan memanfaatkan teras sebagai area duduk dan berkumpul bersama keluarga dan kerabat. Dengan demikian penataannya perlu diperhatikan agar teras terlihat cantik dan nyaman ditempati.

Pada proses dekorasinya, ada lima hal penting yang harus Anda perhatikan. Kelima hal inilah yang mampu mengubah tampilan teras menjadi asri dan menarik.

Furnitur yang tepat

Menempatkan kursi dan meja di teras menjadi hal yang wajib dilakukan mengingat fungsi teras sebagai area penerima tamu sekaligus area duduk. Sesuaikan jumlah kursi dengan luas lahan yang tersedia. Jika Anda memiliki lahan yang cukup luas dan memanfaatkan teras sebagai area berkumpul, maka Anda bisa menempatkan rangkaian kursi atau sofa yang dilengkapi dengan coffee table. Sementara untuk lahan terbatas, menempatkan dua single chair saja sudah cukup.

Karena posisi teras berada di luar, maka pilihlah furnitur outdoor yang tahan terhadap cuaca seperti furnitur berbahan rotan sintetis atau kayu solid. Adapun pilihan desainnya sebaiknya disesuaikan dengan gaya arsitektur bangunan. Misalnya furnitur berdesain sleek dan simple untuk tipikal bangunan modern atau kursi ukir untuk bangunan bergaya klasik.

Material dinding dan lantai

Material penutup dinding dan lantai menjadi salah satu elemen yang mampu mempercantik tampilan teras. Untuk penutup lantai, pilih material yang permukaannya tidak licin sehingga aman digunakan. Contohnya seperti keramik bertekstur atau batu alam. Motif keramik lantai yang ada kini semakin beragam, mulai dari motif polos hingga motif yang menyerupai material alam seperti batu alam, kayu atau bambu. Sementara pada dinding, Anda bisa menyesuaikannya dengan tampilan fasad secara menyeluruh. Misalnya dengan mengekspos dinding bata merah pada bangunan bergaya natural tropis.

Hiasi dengan tanaman

Hal paling sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengubah tampilan teras adalah dengan menempatkan pot berisi tanaman di sekitar teras. Pot tersebut bisa diletakkan di sudut-sudut ruang dan bisa pula digantung pada plafon. Pilih tanaman yang mudah perawatannya. Kehadiran tanaman membuat teras terasa lebih nyaman dan asri.

Aksesori yang eye catching

Hiasi teras rumah Anda dengan elemen dekoratif yang menarik seperti art work atau wall art. Tidak perlu besar dan mewah, yang penting kehadirannya mampu menarik perhatian.

Elemen lighting

Selain general lighting yang berfungsi menerangi ruang secara menyeluruh, Anda juga bisa menempatkan lampu spot light untuk menerangi objek tertentu pada teras seperti hiasan dinding. Anda juga bisa menggunakan accent lighting dengan warna cahaya yang eye catching sebagai aksen pada dinding teras. Cahaya lampu berwarna kuning bisa menjadi pilihan jika Anda ingin membangun suasana yang hangat dan terkesan mewah.

Foto : Ifran Nurdin

LEAVE A REPLY