5 Ciri Utama Gaya Industrial

Gaya interior desain apa yang menurut Anda cukup familiar? Selain shabby chic, gaya industrial pasti cukup sering ditemui. Namanya barangkali tidak terlalu umum bagi sebagian orang, tetapi bisa jadi Anda telah sering melihatnya karena gaya ini sering diterapkan pada kafe, restoran, kantor, ataupun kediaman pribadi.

Gaya industrial ini menghasilkan tampilan yang rustic dan unfinished, tetapi kesan keseluruhan ruangan akan menjadi terlihat unik dan berbeda. Seperti apa? Berikut 5 ciri utama gaya industrial.

5 Ciri Utama Gaya Industrial
Dok. Ampera Six Building

Kabel dan Pipa yang Diekspos

Salah satu ciri yang sering digunakan pada gaya ini ialah ekspos terhadap benda atau bagian-abgian dalam ruamh yang biasanya ditutup, seperti kabel, pipa-pipa atau saluran, dan balok-balok. Kehadiran berbagai unsur tersebut dapat menciptakan kesan raw dan unfinished yang memang diusung oleh gaya industrial. Selain itu, kehadiran pipa, kabel, atau balok tersebut dapat menjadi aksen tersendiri dan menghadirkan kontras pada keseluruhan warna dalam ruang.

5 Ciri Utama Gaya Industrial
Foto: Ahkamul Hakim

Dinding dan Lantai

Dinding ruang pada gaya industrial umumnya hadir dalam bentuk bata ekspos atau beton, sementara lantai dapat berupa lantai semen atau kayu. Tampilan dinding dan lantai tersebut jelas dapat menjadi focal point atau daya tarik utama dalam ruang.

5 Ciri Utama Gaya Industrial
Foto: Ahkamul Hakim

Metal dan Kayu

Metal dan kayu merupakan material yang umum digunakan pada gaya ini. Misalnya, meja kayu dengan kaki metal, rangka-rangka metal yang diekspos pada jendela, plafon, atau tangga. Sementara unsur kayu dapat hadir melalui furnitur, plafon, atau lantai.

5 Ciri Utama Gaya Industrial
Foto: Ifran Nurdin

Warna

Gaya industrial umumnya menggunakan warna-warna hangat dan netral. Warna-warna ini sendiri dapat hadir melalui pilihan material dan furnitur yang digunakan. Karena material yang biasa digunakan dalam gaya ini ialah metal dan kayu, tak heran warna yang mendominasi ialah, cokelat, abu-abu, putih, atau gradasi dari warna-warna tersebut.

Furnitur dan Aksesori Bernuansa Vintage

Melengkapi gaya ini ialah furnitur yang bernuansa vintage. Furnitur-furnitur tua dan “berumur” ini dapat melengkapi kesan industrial yang cenderung raw, rustic, dan unfinished.

5 Ciri Utama Gaya Industrial
Foto: Ahkamul Hakim

1 COMMENT

  1. suka gaya interior seperti ini.., pecarian furniture juga bisa memanfaatkan barang bekas yg kadang kita kreasikan menjadi bentuk yg lain.

LEAVE A REPLY