5 Hal Yang Harus Diketahui Dalam Merancang Taman

taman-02

Menggunakan jasa desainer dalam merancang taman memang menghasilkan taman yang indah dan baik. Akan tetapi, Anda juga bisa merancang taman Anda sendiri. Anda dapat mengatur tanaman apa dan di mana tanaman tersebut akan ditanam.

Akan tetapi, sebelum melakukannya sendiri, Anda harus memperhatikan lima hal berikut ini.

Cahaya Matahari VS Tanaman

Tidak semua tanaman tahan terhadap intensitas cahaya matahari yang tinggi. Begitu pula sebaliknya. Anda harus mengetahui kecocokan antara jenis tanaman dan intensitas cahayanya.

Contohnya, rumput tidak bisa tumbuh dengan baik di area yang intensitas cahaya mataharinya rendah. Kucai dapat tumbuh di area dengan intensitas cahaya rendah namun tidak kuat menghadapi intensitas cahaya matahari yang tinggi.

Jarak Antar Pohon

Mengatur jarak antar pohon adalah hal berikutnya yang harus Anda perhatikan. Tujuannya adalah agar tanaman tidak saling berebut nutrisi. Selain itu, dengan mengatur jarak, tajuk pohon tidak akan bersinggungan sehingga kemungkinan tanaman rusak berkurang.

Tidak hanya antar tanaman. Perhatikan juga jarak dengan perkerasan, pagar, dan benda lainnya yang mungkin mengganggu. Pohon sebaiknya tidak diletakkan dekat dengan perkerasan atau pavement karena akar pohon dapat merusaknya.

taman-01

Memilih Filter dalam Kolam

Salah satu elemen yang menambah keindahan taman adalah kolam. Akan tetapi, kesalahan yang paling banyak dilakukan adalah menggunakan filter kolam yang tidak sesuai.

Oleh karena itu, pilihlah filter dengan kapasitas daya saring yang sesuai dengan kapasitas air kolam. Pemilihan yang tidak sesuai akan membuat saringan menjadi cepat kotor dan pembersihan harus lebih sering dilakukan.

Jangan Lupakan Dana

Membuat taman yang bagus memang menyenangkan. Akan tetapi, jangan lupa memperhitungkan perawatannya di kemudian hari. Anda harus menyiapkan dana untuk peralatan berkebun, pupuk, dan pembasmi hama.

Jika Anda ingin agar pekerja taman yang mengerjakan, perhitungkan juga biayanya. Untuk taman kecil, Anda harus menyiapkan dana sekitar Rp300.000,- hingga Rp500.000,- untuk tiap kali perawatan.

Ingat Pula dengan Waktu

Anda dapat menyewa jasa pekerja taman dalam melakukan perawatan taman. Akan tetapi, Anda tetap harus menyiram tanaman-tanaman tersebut setiap harinya. Pertimbangkan waktu Anda agar tanaman Anda dapat tetap dalam keadaan baik.

Foto: Akhkamul Hakim

LEAVE A REPLY