5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menanam Pohon Di Rumah

Salah satu cara paling ampuh untuk mereduksi panas matahari dan membuat suasana rumah terasa sejuk adalah dengan menanam pohon. Ya, Anda memang tidak bisa sembarangan menanam pohon di rumah.

Ada berbagai pertimbangan yang perlu dipikirkan secara matang sebelum memutuskan untuk menanam pohon di pekarangan rumah, seperti jenis pohon, pengaturan jarak antara pohon dan bangunan hingga perawatannya. Sebab, meskipun terlihat sepele, proses penanaman dan perawatan pohon memerlukan perhatian yang lebih dibandingkan tanaman lainnya. Berikut ini adalah 5 poin yang perlu Anda pertimbangkan sebelum menanam pohon.

Kenali Jenis Pohon

Penting untuk mengetahui karakteristik pohon ; tingginya, lebar pohon, batang dan akar pohon. Jenis pohon harus disesuaikan pula dengan tema rumahnya. Untuk rumah bergaya klasik, Anda bisa memilih pohon palem. Sedangkan untuk rumah modern, umumnya menanam pohon berukuran kecil seperti bonsai.

Perlu diingat bahwa tak semua jenis pohon palem cocok ditanam dalam lahan rumah yang sempit. Misalnya jenis palem raja yang memiliki akar keras dan berbahaya bagi konstruksi bangunan.

Atur Jarak Pohon Dan Bangunan

Ada beberapa jenis pohon tertentu yang memiliki akar tunggang yang berbahaya bagi konstruksi bangunan, mulai dari pagar, pondasi, dinding, lantai bahkan septic tank. Pohon ketapang kencana misalnya, meskipun terlihat cantik, pohon ini memiliki akar yang keras yang dapat “menyerang” konstruksi bangunan. Maka, pastikan jarak antara pohon ke bangunan tidak terlalu dekat.

Ciri-ciri pohon berakar tunggang (keras) adalah diameternya yang besar dan tinggi. Oleh sebab itu, atur jarak pohon dengan dinding minimal 1,5m. Jadi, untuk taman seluas 3mx3m hanya mampu menanam 1 pohon saja.

Atur Jarak Antar Pohon

Hindari menanam pohon secara berdekatan. Beri jarak minimum 3m antarpohon. Tujuannya agar pohon tidak saling berebutan nutrisi dari tanah. Adapun tujuan mengatur jarak untuk pohon yang memiliki tajuk seperti ketapang kencana atau tabebuia adalah agar pohon tidak saling bertabrakan.

Menanam Atau Memindahkan

Bagi Anda yang ingin menikmati pohon secara instan, Anda bisa menggunakan metode pemindahan. Perlu dicatat bahwa dalam kurun waktu satu hingga dua bulan, pohon akan beradaptasi dan terlihat kering. Namun setelah itu akan kembali tumbuh. Maka agar adaptasi lebih cepat, gunakan obat penguat akar.

Minim Perawatan

Kehadiran pohon di rumah pasti akan  disertai dengan kewajiban untuk membersihkan daun kering yang berguguran. Nah, jika tak mau repot, pilih pohon beranting sepeti tabebuia, kamboja atau pohon pule. Jenis pohon tersebut cenderung menghasilkan sampah lebih sedikit dibandingkan jenis pohon lainnya.

Foto : Ifran Nurdin

LEAVE A REPLY