5 Ide Menata Pot-Pot Tanaman Agar Lebih Rapi

Pekarangan rumah yang sempit dengan banyak pot tanaman dapat menciptakan berbagai kesan. Rumah atau pekarangan tersebut dapat terkesan penuh dengan hehijauan sehingga terasa asri, tetapi sekaligus terasa sesak karena terlalu banyaknya pot dalam area yang sempit. Belum lagi, bila pot-pot tersebut tidak ditata dengan rapi, kesan berantakan akan mudah tercipta dan pekarangan rumah pun menjadi tidak menyenangkan untuk dipandang. Lalu, bagaimana? Buatlah sebuah media, wadah, atau tempat untuk menata semua pot tanaman tersebut. Kemudian, tata dan susun pot-pot itu dengan rapi sehingga tercipta tampilan pekarangan rumah yang cantik. Tempat seperti apa saja? Ini dia.

5 Ide Menata Pot-Pot Tanaman Agar Lebih Rapi
COURTESY OF DK PUBLISHING

Rak Bertingkat

Jika pot berjumlah cukup banyak, sebuah meja tidak akan cukup untuk menampung semua pot. Bila begitu, buatlah sebuah rak bertingkat sehingga ruang yang digunakan bisa semakin banyak. Dengan begitu, pot-pot di rumah pun dapat terlihat lebih rapi dan tanaman-tanaman yang ada pun dapat semakin cantik menghias pekarangan rumah.

5 Ide Menata Pot-Pot Tanaman Agar Lebih Rapi
BUFF STRICKLAND

Palet Kayu

Bila sebuah rak bertingkat terlalu besar, cobalah sebuah palet kayu dengan sela-sela yang bisa digunakan untuk menggantung pot-pot tanaman. Bisa juga, pasang paku-paku di palet kayu dan guanakan pengait di pot untuk menggantungnya.

5 Ide Menata Pot-Pot Tanaman Agar Lebih Rapi
BUFF STRICKLAND

Pocket Plants

Menggunakan pot barangkali terlalu “memakan” tempat di taman rumah yang kecil. Jika demikian, gunakan fabric storage atau pocket plants yang memiliki cukup ruang untuk menanam tanpa harus menggunakan banyak ruang di area pekarangan. Pocket plants bisa juga digantung sehingga dapat semakin menghemat ruang.

5 Ide Menata Pot-Pot Tanaman Agar Lebih Rapi
Home Depot

Palet Bertingkat

Bila ingin ukuran yang lebih besar, palet bertingkat seperti beberapa keranjang dalam satu desain ini dapat menjadi pilihan. Selain dapat menata tampilan tanaman, palet bertingkat ini juga dapat menjadi aksen tersendiri di area luar rumah. Pot-pot tanaman pun dapat disusun atau ditanam langsung dalam palet.

5 Ide Menata Pot-Pot Tanaman Agar Lebih Rapi
COURTESY CHRIS LAMBTON

“Dinding” untuk Menggantung

Cara lain yang bisa digunakan ialah mendesain sebuah media yang dapat berperan sebagai “dinding” untuk menggantung tanaman. Keuntungannya, “dinding” tersebut dapat dibuat sepanjang area dinding pekarangan rumah sehingga tempat untuk menggantung lebih luas dan tentunya menjadi aksen cantik di dinding.

Foto: via goodhousekeeping

LEAVE A REPLY