5 Inspirasi Mempercantik Area Tangga

Mempercantik tangga

Tangga merupakan bagian rumah yang tak terpisahkan, terutama untuk hunian modern sekarang ini. Adanya tangga merupakan bentuk perluasan sekaligus media untuk menghubungkan antarlantai dalam rumah. Karena perannya yang penting itulah, tangga akan selalu ada. Oleh sebab itu pula, tampilannya pun harus mendukung interior rumah.

Namun, sering kali area tangga tersebut dilupakan dan menjadi sekadar tempat berjalan. Sebenarnya, untuk tampil menarik, tangga tidak harus didesain secara khusus, cukup permanis dengan benda-benda sederhana dan berarti untuk Anda. Kemudian, letakkan di sudut-sudut yang mudah terlihat, seperti dinding sehingga siapa pun yang berjalan di sana mendapat kesan lebih mengenai rumah ataupun diri Anda.

Mempercantik tangga

Mempercantik tangga

Salah satu yang paling mudah ialah mendesainnya dengan gallery wall. Kumpulan berbagai bingkai foto yang disusun dengan pola tertentu ini dapat mempermanis sekaligus menjadikan area tangga lebih fungsional. Selain foto, memajang artwork atau piring-piring juga dapat dijadikan pilihan. Dengan menjadikan tangga sebagai area display, area tersebut pun tidak lagi “sepi”.

Mempercantik tangga

Bila foto tidak cukup dan posisi tangga mendukung, desainlah jendela di salah satu sisi dinding yang menghadap ke arah luar. Semakin terlihat cantik, bila jendela tepat berada di bagian bordes. Dengan begitu, tangga akan memberi pemandangan yang menyenangkan saat orang-orang tengah melewatinya. Selain itu, rumah juga akan mendapat cahaya alami, sirkulasi udara, dan view dari dalam rumah pun terasa lebih luas. Menarik, bukan?

Mempercantik tangga

Mempercantik tangga

Bisa juga, tarik perhatian orang yang akan menaiki tangga dengan memberi penerangan. Cara yang digunakan bisa dengan meletakkan lampu beserta armaturnya di anak tangga, atau indirect lighting di sisi bawah dan samping tangga. Selain dapat menonjolkan bentuk dan desain tangga, cahaya tersebut akan memberi efek yang lebih dramatis terhadap ruangan. Tangga akan membiaskan cahaya lampu dan area tersebut pun dapat tetap terang.

Mempercantik tangga

Cara lain, beri perhatian lebih pada desain tangga, melalui material atau pada railing tangga. Perhatian tersebut dapat berupa mendesain tangga dengan menggabungkan dua unsur sehingga menghasilkan perpaduan yang indah dilihat. Misanya saja, kombinasikan kayu untuk bagian pijakan dengan keramik beragam motif di sisi vertikal anak tangga. Orang-orang pastinya akan lebih sering menunduk saat sedang melangkahkan kaki. Lengkapi dengan railing berpola lengkung untuk mempermanis tampilan tangga.

Mempercantik tangga

Terakhir, cara yang bisa dilakukan ialah dengan tumbuhan. Dengan beragam warna dan jenis, tumbuhan tentunya tidak pernah gagal untuk menghias bagian rumah. Letakkan pot-pot tanaman di anak tangga dan benda tersebut pun dapat menjadi aksen tersendiri. Selain untuk mempercantik, di saat yang bersamaan pot-pot tanaman dapat menjadi pembatas bila tidak ada railing pada tangga.

Cara di atas tentunya masih bisa dikembangkan dan banyak pula yang bisa diterapkan untuk mempercantik area tangga. Namun, sesuaikan penataannya dengan bentuk dan tampilan tangga agar hasilnya lebih maksimal. Selamat mencoba!

Foto: Tri, Ifran

LEAVE A REPLY