5 Jenis Tanaman Hias Penyerap Polutan

tanaman polutan

jika tanaman hias pada umumnya diletakkan di area teras atau taman, beberapa jenis tanaman hias berikut ini ternyata bisa ditanam di dalam ruangan. Selain memiliki motif bunga yang cantik, jenis tanaman ini juga mampu menyegarkan udara serta menyerap polutan dan gas berbahaya seperti benzena, xylene, siena, nitrogen oksida dan berbagai senyawa kimia lainnya. Ini dia kelima jenis tanaman penyerap polutan.

Krisan

Jenis tanaman hias yang memiliki nama latin Chrysanthemum Morifolium ini terkenal akan keindahan warna pada kelopak bunganya. Tak hanya harum, tanaman ini juga mampu menghilangkan benzena yang biasanya dari lem, cat, plastik dan deterjen dari udara.

Aloe Vera

Aloe vera atau dikenal dengan nama lidah buaya ini memiliki banyak sekali manfaat dan banyak digunakan sebagai bahan baku kosmetik, makanan, minuman hingga farmasi. Tanaman ini juga terbukti ampuh menyerap dan menetralisir polutan seperti benzena, formaldehida, dan senyawa kimia lainnya.

Sansevieria

Anda tentu sudah tak asing lagi dengan tanaman berikut ini. Adalah lidah mertua atau sansevieria yang dikenal sebagai tanaman yang mampu ‘membersihkan’ udara dan secara efektif menetralisir racun dan gas beracun seperti karbonmonoksida, nikotin, benzene, formaldehyde, trichloroethylene, hingga dioksin.

Spider plant

Spider plant yang memiliki nama ilmiah Chlorophytum comosum ini berasal dari Afrika dengan tinggi mencapai 60cm. Tanam spider plant di dalam pot, lalu letakkan di dalam ruangan untuk menyerap berbagai jenis polutan hingga bahan kimia pada industri kulit, karet dan pencetakan.

Sirih Gading

Sirih gading atau disebut juga golden pothos atau devil’s ivy adalah tanaman berbunga dari keluarga Araceae. Meskipun termasuk jenis tanaman empifit dan semi-merambat, namun baik dalam menjadi pembersih udara dalam ruangan dan menyerap racun formaldehida dan berbagai polutan lainnya.

Foto : pioneer-pff

LEAVE A REPLY