5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Merangkai Bunga

Merangkai Bunga

Tidak ada yang lebih cantik untuk menghias meja ataupun ruang selain bunga. Rangkaiannya sanggup mencerahkan dan menyegarkan suasana di tiap sudut rumah. Warna dan bentuk yang dimiliki pun tidak akan pernah gagal untuk mempercantik tampilan interior. Meskipun demikian, menghias ruangan dengan rangkaian bunga segar terkadang menyulitkan untuk banyak orang. Oleh sebab itu, seringkali berbagai kesalahan muncul yang dapat mengganggu tampilan bunga hingga membuatnya lebih cepat layu. Apa saja kesalahan yang sering terjadi? Pelajari semua kesalahan ini agar rangkaian bunga dapat mempermanis wajah ruang dan tampil lebih menawan.

Menggunakan Terlalu Banyak Bunga

Banyak tidak selalu berarti lebih baik. Terlebih, bila Anda tidak yakin dengan pola penyusunan bunga. Karena itu, pilihlah bunga yang benar-benar disukai, selanjutnya tambahkan sedikit jenis lain sebagai pelengkap. Selain itu, pilih bunga dalam satu warna untuk memudahkan. Bila ingin menggunakan bunga dengan warna yang beragam, pastikan tampilannya tetap seimbang dan tidak berlebihan dalam mix-and-matching.

Melupakan Peran Air

Air memiliki peranan yang sangat penting untuk menjaga kesegaran bunga. Oleh sebab itu, segera rendam batang bunga dengan air setelah Anda membelinya. Ganti pula air tersebut setiap hari, serta tambahkan gula dan cuka atau campuran soda jeruk nipis ke dalam air agar bunga terhindar dari bakteri.

Kesalahan Saat Memotong Batang

Sebelum dimasukkan ke dalam air, batang bunga terlebih dahulu harus dipotong. Namun, ingat potonglah batang secara diagonal dan bukannya lurus. Pemotongan dengan cara seperti ini dapat memudahkan batang dalam menyerap air. Memotong batang juga sebaiknya disesuaikan dengan tinggi vas yang akan digunakan agar dapat tampil lebih proporsional. Setelah ini, bukan berarti pekerjaan berakhir, batang bunga tersebut harus terus dipotong secara berkala, setiap hari atau setidaknya dua hari sekali.

Lupa Membuang Daun

Saat akan memasukkan bunga ke dalam vas, pastikan untuk tidak menyertakan segala dedaunan yang ada di batang. Daun-daun yang ikut terendam dapat mencemari air dengan residu sisa proses pemasakan. Selain itu, daun-daun tersebut dapat mendatangkan bakteri yang menghalangi air untuk masuk ke dalam batang.

Membiarkan Bunga Terkena Sinar Matahari Secara Langsung

Meletakkan vas dan rangkaian bunga yang menghadap sinar matahari hanya membuat bunga tidak bertahan lama. Hal yang sama juga berlaku saat meletakkan bunga berdekatan dengan mesin pemanas atau pendingin ruangan. Sebisa mungkin, posisikan bunga di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Anda juga bisa mengubah posisinya agar bunga mendapat kesegaran.

Foto 1: Ifran N.

Foto: bloomthat

*dari berbagai sumber

LEAVE A REPLY