5 Langkah Mudah Membersihkan Cookerhood

Kehadiran alat yang berbentuk seperti cerobong asap atau populer disebut cookerhood ini terbilang penting di area dapur. Pasalnya, cookerhood bertugas menghisap asap selama proses memasak, sehingga dapur tidak terasa pengap dan bebas bau.

Karena fungsinya sebagai penyedot asap, uap air, debu dan kotoran lainnya, maka filter cookerhood pun rentan kotor. Debu dan kotoran yang melekat pada filter mempengaruhi kinerja alat tersebut. Maka agar tetap berfungsi secara maksimal, cookerhood perlu dibersihkan secara rutin. Membersihkan cookerhood sebenarnya cukup mudah dan bisa dikerjakan sendiri di rumah. Bagaimana caranya? ini dia tipsnya!

  1. Pertama, lepaskan penutup bagian bawah cookerhood. Kemudian buka penjepit filter kawat yang melekat pada bagian dalam penutup cookerhood.
  2. Cuci bersih penutup cookerhood menggunakan larutan detergen. Gosok menggunakan sponge atau sikat berbulu halus hingga debu dan kotorannya hilang. Lalu bilas sabun hingga bersih.
  3. Setelah penutup cookerhood benar-benar kering, lepaskan secara hati-hati filter karbon yang terletak di bagian atas cookerhood. Bersihkan debu dan kotoran yang menempel di sela-sela filter menggunakan kuas kering.
  4. Langkah serupa juga diterapkan pada kipas penghisap yang ada di badan cookerhood. Anda bisa menggunakan kuas kering atau sikat berbulu halus.
  5. Terakhir, setelah semuanya dalam keadaan bersih dan kering, pasang kembali filter dan penutup cookerhood seperti semula.

Mudah sekali, kan? Selamat mencoba!

Foto : Ifran Nurdin

LEAVE A REPLY