oleh

5 Poin Penting Dalam Memelihara Udang Hias Aquascape

-Taman, Tips-2.675 views

Udang hias merupakan salah satu elemen yang populer di kalangan penggiat aquascape. Hewan ini tidak hanya berjasa membersihkan algae saja, tetapi juga bisa mempercantik aquascape dengan warna dan motifnya. Hebatnya lagi, Indonesia dianggap sebagai salah satu negara yang cukup diperhitungkan di “dunia” penggiat hobi udang.

udang hias aquascape

Bagi penggiat hobi aquascape yang ingin memahami lebih jauh mengenai udang hias air tawar ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memelihara hewan ini yaitu sebagai berikut.

Kondisi Air

Udang hias air tawar yang berasal dari Asia biasanya hidup dengan baik dalam kondisi air dengan keasaman/pH sebesar 6,8 pH-8 pH. Apabila pH-nya lebih rendah, bisa membuat udang stres. Kesadahan air berkisar antara 3 dkh-15 dkh sedangkan suhunya sekitar 14°C – 300C.

Pengisi Alas Akuarium

Pilihlah pasir halus untuk substrat dan jangan pakai kerikil besar untuk alas akuarium. Kayu dan batu karang cocok untuk tempat “bermain” udang hias sedangkan pilihan “makanan” untuk udang hias air tawar disesuaikan dengan spesiesnya. Ada jenis udang hias Caridina/Neocaridina yang suka pakan hijau sedangkan jenis Pearl (Macrobrachium luzifugum) justru harus diberi pakan berbahan dasar daging, baik berbentuk tablet maupun berbentuk serpihan.

Karakter dan Ukuran

Memadukan beberapa udang yang memiliki ukuran sama dalam satu akuarium tidak akan menimbulkan masalah. Idealnya, 10 ekor sampai 20 ekor udang sejenis cocok untuk akuarium berukuran 2,5 galon. Apabila terpaksa menggabungkan beberapa jenis udang yang berbeda jenis maka hendaknya perhatikan karakter udang. Sebagai contoh, spesies udang berlengan panjang (Macrobrachium spp), termasuk “galak” dan akan memangsa spesies yang lebih kecil.

Pengisi Lain dalam Akuarium

Idealnya, jangan menggabungkan udang hias air tawar dengan ikan dalam akuarium karena ikan cenderung akan makan udang, terutama yang ukurannya lebih kecil. Apabila terpaksa, padukan udang hias air tawar dengan ikan yang ukurannya tidak jauh berbeda dengan udang air tawar dan tidak mempunyai karakter pemangsa seperti tipe Plati (livebearer – Heterandra formosa) dan Barb (Barbus jae).

Pembiakan

Beberapa jenis udang hias air tawar mudah untuk dibiakkan, diantaranya yaitu jenis Neocaridina. Namun, jenis lain seperti Macrobrachium membutuhkan air payau untuk membesarkan larvanya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed