5 Poin Penting Dalam Menata Kamar Tidur Anak

kamar tidur anak

Kamar tidur anak merupakan salah satu bagian penting dari proses tumbuh kembang anak. Selain berfungsi sebagai tempat beristirahat, kamar tidur juga merupakan tempat untuk belajar dan bermain. Oleh sebab itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum merancang kamar tidur si kecil agar ruangan tersebut dapat memaksimalkan proses tumbuh kembangnya.

warna pada kamar tidur anak

Memilih Warna

Memilih warna pelapis dinding menjadi tantangan tersendiri saat merancang kamar tidur anak. Sebaiknya, pilihlah warna-warna cerah yang memberikan kesan ceria. Warna cerah juga berpengaruh terhadap kondisi psikologis anak serta merangsang kemampuan motoriknya agar ia menjadi lebih kreatif.

Namun, karena fungsi utama kamar tidur adalah sebagai tempat istirahat, maka gunakan warna cerah sebagai aksen yang melapisi salah satu bidang dinding saja. Sementara itu, aplikasikan warna pastel seperti biru muda, kuning gading atau baby pink pada sebagian besar dindingnya. Selain cat, Anda juga bisa membentuk suasana ruang dengan menggunakan wallpaper. Pilih motif yang tidak terlalu ramai agar anak merasa nyaman saat beristirahat.

Penutup Lantai

Ada tiga hal yang perlu diperhatikan saat memilih material penutup lantai di kamar tidur anak, yakni aman, terasa nyaman dan mudah perawatannya. Mengingat usia bermain anak yang rentan terhadap noda dan kotoran, sebaiknya pilih material yang tidak licin saat tersiram air dan mudah dibersihkan.

Selain itu, permukaan teksturnya terasa nyaman dan tidak dingin saat dipijak ataupun diduduki. Anda juga bisa menambahkan karpet untuk menambah kenyamanan si kecil saat bermain di lantai. Namun, pastikan karpet rajin dibersihkan agar debu yang tersimpan tidak beresiko pada kesehatan si kecil.

tempat tidur di kamar anak

Costumized Furniture

Elemen lain yang dapat “dimainkan” pada kamar tidur anak adalah furnitur. Ajak si kecil untuk berdiskusi dan menentukan tema kamar tidurnya. Tema tersebut lantas bisa diaplikasikan melalui bentuk furnitur yang dirancang secara khusus agar menyerupai tokoh kartun atau benda favorit anak (costumized furniture). Misalnya seperti tempat tidur berbentuk mobil balap atau sandaran kursi belajar berbentuk kepala tokoh kartun favoritnya. Hal itu akan menciptakan sense of belonging sekaligus merangsang imajinasinya.

menata kamar tidur anak

Tempat Penyimpanan

Jangan lupakan tempat penyimpanan! Manfaatkan tiap sudut yang tersisa sebagai tempat menyimpan mainan dan perlengkapan anak. Misalnya space di bawah tempat tidur yang dapat dimanfaatkan menjadi laci untuk menyimpan perlengkapan beddings atau buku-buku cerita. Selain itu, maksimalkan dinding menjadi area display koleksi mainan dengan memasang ambalan, dan isi sudut ruangan dengan lemari berisi boks-boks penyimpanan beraneka warna.

Elemen Dekoratif

Lengkapi dekorasi kamar tidur anak dengan aksesori cantik. Elemen dekoratif tak hanya selalu berbentuk mainan atau bantal saja. Anda bisa mengekspresikannya melalui armatur lampu tidur berbentuk kapal terbang atau bunga matahari. Kemudian menghiasi dinding dengan cutting sticker atau melukis awan pada plafon. Perpaduan seluruh elemen ini akan membentuk imajinasi anak sehingga ia lebih kreatif dan ceria.

Fotografer : Ifran Nurdin

SHARE
Previous articleJakarta On The Move!
Next articleMemilih Pelapis Lantai? Pertimbangkan Hal Ini!
Astri Diana
Born to be a writer adalah kalimat yang tepat untuk mendefinisikan sosok ibu dua anak ini. Dia bahkan sering memanfaatkan waktu senggang dengan menulis cerita-cerita fiksi.

LEAVE A REPLY