5 Poin Yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Merenovasi Apartemen

renovasi apartemen

Tambahan jumlah anggota keluarga atau berubahnya keinginan anak seiring dengan pertumbuhan umur mereka, tentu saja memerlukan pengaturan ulang layout unit apartemen tanpa mengubah struktur utama ataupun sistem Mechanical Electrical (ME) bangunan. Hal ini merupakan pekerjaan “besar” yang membutuhkan perencanaan dan koordinasi. Belum lagi, bila ada keterbatasan biaya ataupun keterbatasan waktu. Agar tidak salah langkah, ada baiknya Anda pahami terlebih dulu mengenai acuan praktis dalam bongkar pasang ruang disertai pula dengan opini arsitek berikut ini.

Hitung Kebutuhan Ruang

Agar lebih mudah dalam mendata kebutuhan keluarga, buatlah daftar kegiatan dari setiap anggota keluarga dan cocokkan dengan ruang-ruang yang tersedia. Umumnya, jenis unit apartemen yang paling disukai konsumen, terutama para pasangan muda atau keluarga kecil adalah tipe studio, tipe satu kamar tidur, dan tipe dua kamar tidur. Ada pula unit apartemen tipe loft, yang mempunyai ruang mezanin di lantai atasnya sehingga memberikan kesan seperti di dalam rumah (landed house).

Tentukanlah Bagian Mana yang Dibongkar Dulu

Pada unit apartemen dengan dua kamar tidur, perubahan bisa dilakukan dengan membongkar dinding kamar tidur anak dan menggunakan ruangannya untuk memperluas ruang keluarga atau ruang makan. Unit apartemen dengan satu kamar tidur, perubahan bisa dilakukan pada posisi pintu dan saniter kamar mandinya agar bisa diakses langsung dari kamar tidur. Masih banyak lagi contoh perubahan pada unit apartemen lainnya.

Aturlah Alur (Flow) Kegiatan, Ciptakan Kesan Luas

Luas ruang dalam unit apartemen memang terbatas. Oleh karena itu, alur kegiatan antarruang harus diatur secara efisien. Yang paling mudah adalah menerapkan konsep terbuka (open plan) dengan sesedikit mungkin membuat partisi agar tercipta kesan lapang. Misalnya, ruang duduk digabung dengan ruang makan atau menggunakan partisi semi transparan sebagai penyekat ruang. Cara lainnya adalah menerapkan pintu lipat geser (sliding door) dan membuat furnitur multifungsi sekaligus bersifat built in.

Perhatikanlah Instalasi Listrik dan Instalasi Air

Sebelum membobok dinding atau membongkar plafon, tanyakanlah terlebih dulu kepada pengelola apartemen, tempat lokasi saluran listrik, pipa air bersih, air kotor, dan pipa gas yang ditanam, pembuangan air dari kloset ataupun penempatan unit outdoor AC. Apabila salah membongkar, akan merusak sistem ME di unit apartemen lainnya. Buatlah jalur baru yang tidak berliku-liku untuk saluran tersebut sehingga mudah diperbaiki.

Manfaatkan Material Bekas

Cara membangun yang ramah lingkungan bukan sekadar tren saat ini karena hal ini sangat penting untuk menjaga kelestarian lingkungan. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan bahan bekas menjadi elemen fungsional ataupun unsur dekorasi. Pendekatan ini juga menjadi ajang eksplorasi kreativitas kita.

Lokasi : Unit contoh apartemen Satu8, Jakarta Barat

Fotografer : Ifran Nurdin

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY