5 Tips Membuat Dry Garden di dalam Rumah

taman kering1Dry garden merupakan taman kering yang tidak membutuhkan banyak air. Dry garden umumnya dipilih karena terbatasnya intensitas cahaya matahari. Dry garden bersifat fleksibel sehingga dapat ditempatkan di berbagai ruang di dalam rumah sesuai selera.

Selain memperindah ruangan dari segi estetika, dry garden juga dapat menyejukkan ruangan. Dry garden bisa diterapkan di dekat ruang keluarga atau ruang makan untuk melengkapi suasana saat beraktivitas.

Komposisi dry garden biasanya hanya berupa batu-batuan, koral, kerikil, pasir dan beberapa pot tanaman. Karena taman kering berisi tanaman dengan kebutuhan air sedikit, tingkat perawatannya terbilang mudah dan tidak menyita waktu. Berikut 5 tips membuat taman kering di dalam rumah:

Pilih Tanaman yang Tidak Membutuhkan Banyak Cahaya dan Air

Tanaman yang biasanya ada di dry garden adalah tanaman yang tidak membutuhkan banyak sinar matahari secara penuh dan tidak membutuhkan banyak air. Anda bisa memilih tanaman seperti bromelia, kaktus, pandan bali, atau lidah mertua.

( Baca juga: Desain Taman Kering Bernuansa Jepang )

Menambahkan Nuansa Air

taman kering4Jika ingin membuat suasana semakin asri, bisa menambahkan unsur air berupa kolam, air mancur, atau air terjun. Suara gemericik air bisa menciptakan suasana yang sejuk dan memberikan efek menenangkan. Namun, perlu diperhatikan juga perawatannya, agar dry garden tetap memberikan kenyamanan bagi penghuni rumah.

Sebagai Tempat Relaksasi dan Meditasi

taman kering2Jika Anda ingin merasakan relaksasi di taman kering, pastikan bagian Anda bersantai cukup nyaman. Anda bisa memilih rumput sintetis, bebatuan atau kerikil, pasir yang nyaman diduduki. Atau Anda bisa meletakkan dry garden berdekatan gazebo di dalam rumah. Cukup menaruh matras, selain bisa bersantai Anda juga bisa bermeditasi. Selain memperindah dan menyejukkan ruangan, dry garden juga bisa digunakan sebagai tempat meditasi atau kontemplasi.

( Baca juga: 10 Tips Membuat Ruang Meditasi di Rumah )

Artwork Unik di Taman Kering

taman kering3Untuk membuat taman kering lebih hidup, Anda bisa menaruh artwork. Patung, atau benda-benda seni lainnya bisa Anda kreasikan untuk mendekorasi taman kering. Namun, pastikan juga kebersihannya, jangan sampai debu dan sarang laba-laba bersarang di artwork yang dapat mengurangi keindahan taman kering di rumah Anda.

( Baca juga: ‘Menghidupkan’ Suasana Dry Garden Dengan Wall Art Unik )

Pencahayaan

taman kering5Taman kering yang minim cahaya akan membuat rumah menjadi lembap dan tampak suram. Jika memang rumah Anda minim bukaan, Anda bisa mengakalinya dengan menghadirkan skylight. Cahaya alami dapat membantu ruangan tidak lembap sehingga menghambat pertumbuhan lumut di bebatuan yang ada di taman kering. Untuk malam hari, Anda bisa memanfaatkan lampu taman atau lampu sorot untuk membuat tampilan taman kering semakin cantik.

Foto: Tri, Ifran

 

LEAVE A REPLY