6 Cara Menyelamatkan Tanaman yang Hampir Mati

6 Cara Menyelamatkan Tanaman yang Hampir Mati

Menanam tumbuhan merupakan salah satu cara yang banyak dipilih untuk mempercantik tampilan rumah. Tumbuhan tersebut dapat memberi kesan asri dan hijau, selain tentu saja memberi warna pada rumah serta berbagai manfaat bagi penghuni dan lingkungan rumah. Namun, tidak bisa dipungkiri, tidak sedikit juga yang tidak berhasil menanam berbagai tumbuhan di rumahnya. Karena bermacam alasan, tanaman tersebut akhirnya layu, berubah warna menjadi cokelat, dan kemudian mati. Lalu, adakah cara untuk menyelamatkannya? Dikutip dari goodhousekeeping, ada 6 cara yang bisa digunakan untuk menyelamatkan tanaman yang hampir mati. Apa saja?

Pindahkan Ke Pot yang Baru

Menurut Ashton Ritchie, ahli taman dan rumput di Scotts Miracle-Gro, memindahkan tanaman yang sudah layu atau yang terlihat lelah ke pot dengan tanah baru dapat memberikan perbedaan yang cukup besar bagi tanaman. Pilihlah pot dengan ukuran yang sedikit lebih besar dibandingkan pot sebelumnya sehingga akar dapat tumbuh dan bertahan.

Beri Makan yang Lebih Baik

Tumbuhan juga membutuhkan makanan yang sehat. Oleh sebab itu, berikan tumbuhan tanah dan pupuk yang terbaik. Namun, usahakan untuk tidak terburu-buru dan laukan dengan perlahan agar akar tumbuhan tidak terlalu mendapatkan banyak “makan” dalam satu waktu.

Jangan Langsung Disinari Matahari

Matahari memang baik untuk pertumbuhan tanaman, tetapi memindahkannya ke tempat yang panas dan terkena cahaya matahari saat sedang “sakit” dapat memperburuk keadaan. Hingga tumbuhan kembali segar, jangan biarkan tanaman terkena sinar matahari langsung dan cukup letakkan tanaman di tempat yang teduh dengan sinar matahari tak langsung.

Perhatikan Penyiraman

Tidak mengenali karakter tumbuhan dapat membuat Anda salah dalam memberikan hal-hal yang dibutuhkannya. Salah satunya ialah saat melakukan penyiraman. Yang paling penting, pastikan tidak menyiram secara berlebihan sehingga tanaman tidak overwater.

Bersihkan dari Semua Hama

Tumbuhan “sakit” juga bisa disebabkan oleh adanya serangan hama. Karena itu, dalam rangka menyelamatkan tumbuhan, perhatikan datangnya hama dan sebisa mungkin bersihkan tumbuhan.

Coba Letakkan dalam Greenhouse

Beberapa tumbuhan barangkali membutuhkan lingkungan yang lebih lembab, terlebih bila Anda tinggal di daerah yang dingin. Bila begitu, Anda dapat membuat greenhouse atau rumah kaca. Cara yang sederhana, letakkan plastk di atas tumbuhan dan biarkan hingga empat atau lima hari untuk memberikan tumbuhan lengkungan yang dibutuhkannya.

Foto: Tri R.

LEAVE A REPLY