6 Kreasi Pot Tanaman Yang Dapat Anda Lakukan Sendiri

pot tanaman

Berkebun merupakan salah satu aktivitas menyenangkan yang dapat Anda lakukan saat akhir pekan tiba. Aktivitas berkebun tak hanya sebatas menanam tanaman atau merapikan taman saja, Anda juga dapat berkreasi mendaur ulang elemen taman seperti pot tanaman yang sudah usang misalnya, menjadi benda seni yang unik dan menarik. Berikut ini adalah beberapa inspirasi seni yang dapat Anda lakukan pada pot tanaman bekas.

kreasi pot tanaman

Renda Cantik

Kreasikan renda sisa pakaian yang sudah tak terpakai menjadi penutup (cover) pot tanaman. Tentukan pola hiasannya, kemudian gunting renda sesuai ukuran yang diinginkan. Kemudian rekatkan dengan lem atau selotip pada bagian dalam pot.

Coretan Tangan

Benda sesederhana kapur ternyata mampu menghasilkan karya yang unik. Hiasi pot polos berwarna hitam dengan menggambar atau menuliskan kata-kata menggunakan kapur. Lalu hiasi bagian pinggir permukaan pot dengan pita dan aksen kancing.

Kain Bermotif

Cara sederhana berikutnya adalah menutup seluruh permukaan luar pot dengan kain bermotif. Berkreasilah dengan tekstur dan motif kain, semakin unik maka tampilannya akan semakin menarik.

Sweater Bekas

Jangan buang sweater bekas yang sudah tidak terpakai. Sebab dapat digunakan sebagai aksen cantik penutup permukaan luar pot tanaman. Ukur dimensi pot terlebih dulu, kemudian berikan panjang lebih pada saat menggunting sweater agar dapat direkatkan pada bagian dalam pot. Gunakan lem yang memiliki daya rekat kuat untuk menjaga daya tahan sweater.

Lelehan Cat

Anda juga bisa berkreasi dengan cat. Cukup dengan mencelupkan bagian bawah pot tanaman, lalu balikkan badan pot sehingga cairan cat akan mengalir dan menciptakan aksen yang menarik. Pilih warna cat sesuai selera, baik untuk cat dasar maupun cat untuk aksen.

Hiasan Batu

Anda juga bisa menggunakan batu artifisial atau kacing menjadi aksen pada permukaan luar pot. Setelah mengecat pot dengan warna dasar sesuai selera, selanjutnya tempelkan batu hiasan atau kacing dengan pola tertentu pada permukaannya.

Foto : thecottagemarket

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY