6 Solusi Atasi Persoalan Atap Rumah

solusi perbaikan atap

Untuk mengantisipasi berbagai masalah yang umumnya muncul pada musim penghujan, Anda perlu melakukan pengecekan atau bahkan perbaikan di sejumlah titik tertentu pada bangunan, misalnya struktur atap. Alasannya, berawal dari masalah sepele seperti genteng melorot atau atap bocor bisa menuntut Anda untuk melakukan perbaikan besar atau bahkan mengganti seluruh struktur atap. Sebelum hal itu terjadi, simak berbagai masalah yang kerap kali terjadi pada struktur atap dan cara mengatasinya.

Atap terlalu landai

Faktor kemiringan atap menjadi poin penting yang wajib diperhatikan agar air yang jatuh dapat segera dialirkan ke bawah. Atap yang datar atau landai akan menyebabkan air turun dengan lambat dan lama-kelamaan menyebabkan genangan di dalam beton dan merembes. Solusinya adalah meningkatkan kemiringan atap.

Genteng melorot

Umumnya genteng tanah liat dirancang untuk sudut antara 27,5 derajat sampai 40 derajat. Apabila sudut tidak pas, akan menjadi jalan air untuk masuk. Sedangkan, celah-celah tersebut sengaja dibuat untuk mengantisipasi pemuaian masing-masing keping genteng sekaligus sebagai ventilasi udara. Maka sebaiknya tiap kepingan genteng dipakukan ke reng yang berada tepat di bawahnya agar tidak mudah melorot.

Retak rambut pada dak beton

Perubahan cuaca panas dan dingin yang terjadi menyebabkan material penutup rumah menjadi aus dan berubah, dak beton contohnya. Masalah yang sering muncul pada material ini adalah retak rambut  yang menjadi celah masuknya air. Oleh sebab itu, perhatikan komposisi campuran beton dan proses pengecoran karena dua hal ini merupakan proses penting yang memengaruhi hasil akhir dak beton. Selain itu, gunakan waterproofing pada seluruh permukaan atap.

struktur atapSumber : rfroofing

Atap Bocor

Perubahan cuaca juga mampu membuat genteng mudah pecah dan semen pada bubungan menjadi retak. Oleh karena itu, lakukan pengecekan tiap setahun sekali pada pertemuan bentuk atap, tiap bubungan dan talang, serta lapisi dengan waterproofing.

Bubungan retak

Ukuran bubungan atau jurai yang terlalu tinggi akan menimbulkan celah bagi air. Minimalkan sambungan atap dan aplikasikan lembaran khusus anti air yang lunak dan lentur di atas permukaan bubungan.

Suhu panas pada loteng

Suhu panas dapat direduksi dengan membuat ventilasi silang (crossed ventilation) dengan cara memodifikasi lubang angin dan membuat rongga di bawah genteng. Selain itu, dapat pula menggunakan bahan insulasi dan pemasangan turbin.

SHARE
Previous articleTren Warna 2015 dari Nippon Paint
Next articleDesain Apartemen Dinamis Dan Penuh Warna
Astri Diana
Born to be a writer adalah kalimat yang tepat untuk mendefinisikan sosok ibu dua anak ini. Dia bahkan sering memanfaatkan waktu senggang dengan menulis cerita-cerita fiksi.

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY