6 Syarat Tempat Tidur yang Aman dan Nyaman untuk Bayi

kamar bayi

Tempat tidur bayi merupakan perlengkapan utama yang dipersiapkan dalam menyambut kelahiran buah hati. Baik tidur bersama orangtua maupun terpisah, pastikan bayi tetap tidur dengan aman dan nyaman.

Jika Anda menginginkan bayi tidur di ranjang yang sama dengan Anda, Anda bisa menggunakan tempat tidur khusus bayi tanpa kaki seperti matras yang bisa diletakkan di tengah kasur, pastikan suhu kamar tidak panas dan cukup oksigen.

Jika Anda ingin bayi Anda tidur terpisah dengan orangtua, Anda bisa memilih boks bayi sebagai tempat tidurnya. Untuk memenuhi kebutuhan tidurnya agar aman dan nyaman, pemilihan tempat tidur bayi tidak bisa hanya dilihat dari keindahannya saja. Berikut 5 syarat tempat tidur yang aman dan nyaman untuk bayi.

( Baca juga: 10 Inspirasi Desain Kamar Bayi Bergaya Modern )

Struktur Tempat Tidur Bayi Harus Kokoh

Perhatikan jarak antara bilah, jangan pilih jarak yang terlalu lebar yang dapat memungkinkan bagian tubuh bayi terselip atau terjepit. Pastikan material yang menyusun stuktur tempat tidur bayi kokoh dan kuat. Jarak antar bilah yang aman adalah kurang dari 6 cm, hal ini untuk menghindarkan agar bayi terhindar terjepit pada jeruji.

Letakkan Tempat Tidur Bayi di Tempat yang Aman

Untuk memudahkan Anda memonitor bayi Anda, letakkan tempat tidur bayi di kamar Anda. Jadi, jika sewaktu-waktu si kecil membutuhkan Anda, Anda dapat segera bertindak. Hindari meletakkan tempat tidur bayi dekat dengan colokan listrik, jendela, tirai, lampu atau dekat dengan hiasan dinding yang memungkinkan hiasan dinding bisa jatuh ke dalam boks.

Dinding Boks Bayi yang Empuk

Jika boks bayi terbuat dari kayu, dan tidak berdinding empuk, Anda bisa menutup dinding boks dengan kain empuk yang lembut atau bantalan di sekeliling dinding. Hal ini untuk mencegah agar bayi tidak terantuk atau terbentur ketika aktif bergerak di dalam boks.

Matras Khusus Untuk Bayi

Bila Anda tidak membeli tempat tidur yang sudah dilengkapi matras, pilihlah matras khusus bayi, yang biasanya didesain tidak terlalu empuk. Hal ini untuk menghindari wajah bayi terbenam alas tidur yang terlalu empuk. Perhatikan ukuran matras dengan ukuran boks, jangan sampai ada celah yang bisa membahayakan bayi.

( Baca juga: 4 Poin Penting Dalam Menata Kamar Bayi )

Ranjang Beroda

Ranjang beroda bermanfaat untuk memudahkan orangtua ketika hendak memindahkan atau menggeser letak tempat tidur bayi. Namun, ketika tidak sedang ingin dipindahkan, kunci kaki ranjang beroda agar tempat tidur tidak berjalan dengan sendirinya tanpa pengawasan orangtua.

Kelambu

Kelambu dapat mencegah bayi dari gigitan nyamuk. Pilih kelambu yang dapat menutupi seluruh tempat tidur bayi, agar perlindungan optimal.

( Baca juga: 15 Inspirasi Boks Bayi yang Unik untuk Anak Anda )

LEAVE A REPLY