7 Bangunan Tertinggi di Dunia

Bukan hal yang mengejutkan bila dunia akan semakin dihiasi dengan banyak gedung pencakar langit. Gedung tersebut seolah menjadi kebanggaan tersendiri dan tentunya landmark bagi setiap negara. Fungsinya beragam, dari hotel hingga apartemen, atau kedua hal itu digabung dengan kegunaan lain. Gedung-gedung ini pun tersebar di belahan dunia, tak terkecuali di Benua Asia. Lalu, negara mana saja yang memiliki gedung dengan ketinggian mencengangkan? Berikut tujuh di antaranya.

7. Menara Petronas

worldfortravel

Menara yang berlokasi di Kuala Lumpur, Malaysia ini disebut juga dengan nama Menara Kembar Petronas atau Petronas Twin Towers. Berdasarkan Council on Tall Buildings and Urban Habitat (CTBUH), gedung ini merupakan yang tertinggi di dunia dalam rentang waktu 1998 hingga 2004 dan hingga kini bertahan sebagai gedung kembar tertinggi di dunia. Tingginya mencapai 1.483 kaki (451,9 m) dan memiliki 88 lantai.

6. International Commerce Centre (ICC Tower)

humanresourcesonline

International Commerce Centre (ICC Tower) merupakan bangunan tertinggi di Hong Kong, tepatnya di West Kowloon dengan ketinggian mencapai 1.588 kaki (484 m) dan memiliki total 118 lantai. Gedung komersial ini dibangun pada 2002 dan selesai tahun 2010 lalu. ICC Tower juga merupakan bagian dari proyek Union Square.

5. Shanghai World Financial Center (SWFC)

asiawisata

Terletak di Shanghai, bangunan ini berdiri dengan ketinggian 1.614 kaki (492,0 m) serta terdiri dari 101 lantai. Digunakan untuk beragam fungsi, seperti pekantoran, hotel, observation decks, serta pusat perbelanjaan di bagian bawah gedung. Observation decks pada SWFC pun menjadi yang tertinggi di dunia, berada pada ketinggian 1.555 kaki (474 m).

4. Taipei 101

asiagreenbuildings

Sesuai namanya, bangunan setinggi 1.669 kaki ini memiliki 101 lantai serta lima lantai bawah tanah.  Terletak di Xinyi District, Taipei, Taiwan, bangunan tersebut dikenal juga dengan nama Taipei World Financial Center. Taipei 101 merupakan landmark negara tersebut yang bertahan sebagai bangunan tertinggi di dunia dari tahun pembukaannya, 2004 hingga 2010.

3. One World Trade Center

time

Nama lainnya adalah Freedom Tower. One World Trade Center yang terletak di New York, Amerika Serikat ini merupakan bangunan baru setelah World Trade Center yang sebelumnya hancur dalam serangan pada 11 September 2001. Gedung ini merupakan yang tertinggi di Western Hemisphere dengan 1.776 kaki (541,3 m), angka yang merujuk pada tahun kemerdekaan Amerika Serikat.

2. Makkah Royal Clock Tower Hotel

destinationjeddah

Dalam rangka memodernkan kota Mekah, bangunan setinggi 1.972 kaki (601 m) dengan 120 lantai ini dibangun. Pembangunan sendiri dimulai dari tahun 2002 dan selesai pada 2012. Makkah Royal Clock Tower Hotel merupakan yang tertinggi di Mekah dan Arab Saudi, serta terletak tidak jauh dari Masjidil Haram. Selain itu, predikat lain yang disandang gedung ini ialah, clock-face terbesar, serta clock-tower dan hotel tertinggidi dunia.

1. Burj Khalifa (Khalifa Tower)

gulfjobvacancy

Sebelum pembukaan resminya pada Januari 2010, gedung ini dikenal dengan nama Burj Dubai. Tinggi yang mencapai 2.722 kaki (829,8 m), menjadikan Burj Khalifa sebagai bangunan tertinggi yang ada saat ini di dunia. Terdiri sebanyak 163 lantai, Burj Khalifa menyediakan 30.000 rumah, 9 hotel, 3 hektar parkland, sekitar 19 residential towers, mal, dan 12 hektar danau buatan.

Rekor di atas barang kali tidak akan bertahan lama karena semakin banyak gedung pencakar langit baru yang siap dibangun. Saat ini, Arab Saudi merencanakan untuk membangun Kingdom Tower di Jedah yang akan memiliki tinggi hingga 3.300 kaki atau lebih dari 1.000 m. Dengan ketinggian seperti itu, sudah bisa dipastikan Kingdom Tower mampu merebut gelar Burj Khalifa sebagai bangunan tertinggi di dunia. Lalu, ada Shanghai Center Tower yang menunggu tanggal pembukaan, memiliki tinggi 2.073 kaki (632 m). Tak ketinggalan dari wilayah Asia Tenggara, Vietnam segera membangun gedung tertinggi di negara tersebut (1.509 kaki) yang tingginya dapat mengalahkan Menara Kembar Petronas.

Rank by telegraph

Teks: berbagai sumber

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY