7 Cara Ciptakan Ruang Kerja yang Nyaman di Apartemen

Memiliki ruang kerja yang nyaman di apartemen mungil bukanlah hal yang tidak mungkin. Anda bisa menyiasatinya agar ruangan menjadi kondusif sehingga Anda dapat bekerja dengan optimal. Berikut 7 cara yang dapat Anda lakukan:

Tentukan Tempat yang Tepat

Tidak seperti di rumah yang pembagian ruangnya lebih mudah dilakukan, untuk di apartemen Anda tidak bisa terlalu leluasa untuk memilih bagian mana yang akan dijadikan ruang kerja. Untuk itu manfaatkan sudut apartemen. Ruang kerja di sudut ruangan dapat meminimalisasi kebisingan dari ruangan lain dan tidak mendapat banyak distraksi dari pergerakan penghuni lain antar ruang.

Usahakan Dekat dengan Jendela

Lara Cupido, Project Designer dari LUX Design, sebuah perusahaan desain interior yang berbasis di Kanada, menjelaskan pentingnya sinar matahari dalam membantu menciptakan kenyamanan di ruang, terlebih jika memang Anda akan menghabiskan banyak waktu di sana. “Satu hal yang paling penting adalah Anda memilih tempat yang dekat dengan cahaya natural, seperti dekat dengan jendela. Cahaya alami sinar matahari yang masuk dan pemandangan menarik yang terlihat dari luar akan menambah suasana gembira ketika bekerja.”

Pencahayaan yang Sesuai

Meski tidak mendapat sinar matahari langsung menurut Lara Cupido pastikan bahwa ruang kerja tersebut menerima pencahayaan yang cukup karena kehadirannya sangat penting. Pencahayaan yang terlalu terang akan membuat mata Anda lelah, sebaliknya pencahayan redup akan membuat Anda malas bekerja dan mengantuk.

Batasi Ruang Kerja dengan Ruangan Lain

Umumnya apartemen tidak ada pembagian ruang yang khusus seperti di rumah, karena itu sangat perlu sekali memisahkan ruang kerja dengan ruangan lain di apartemen Anda. Kondisikan ruang kerja di apartemen benar-benar seperti layaknya ruang kerja di kantor. Tidak perlu menggunakan kubikel agar tidak menciptakan kesan yang kaku. Agar kondusif, gunakan partisi agar konsentrasi kerja tidak terganggu.

Rak Besar di Dinding

Anda bisa memilih rak besar yang memenuhi dinding. Rak besar sangat efisien dan efektif untuk menyimpan banyak barang, dinding yang sepenuhnya tertutup rak membuat ruangan menjadi tidak monoton. Selain menyimpan dokumen kerja dan bahan-bahan referensi pendukung kerja, rak ini juga bisa menyimpan dan memajang banyak benda kesayangan Anda yang lain yang dapat mendukung semangat kerja.

Gunakan Kursi Senyaman Mungkin

Jangan ragu-ragu untuk menginvestasikan uang Anda untuk kursi ruang kerja Anda, apalagi jika Anda memang seorang pekerja lepas yang tidak bekerja di satu kantor. Otomatis waktu kerja Anda akan banyak dihabiskan di ruang tersebut. Jadi, pilihlah kursi yang paling nyaman, agar tidak membuat punggung Anda lelah.

Pernak-Pernik yang Memacu Inspirasi

Untuk di kantor mungkin Anda tidak bisa membawa semua benda pribadi dan memajangnya sesuka hati Anda karena tentu akan mengganggu kenyamanan orang lain yang ada di sekitar. Di ruang kerja apartemen Anda bisa melakukannya sebebas-bebasnya. Anda bisa menempelkan destinasi wisata impian Anda di dekat meja kerja agar menjadi pengingat tujuan mengapa Anda harus bekerja. “Anda bisa meletakkan peta besar di dinding dan menandai negara atau lokasi yang menjadi tujuan-tujuan berlibur Anda. Anda juga bisa meletakkan karya seni atau foto keluarga tercinta. Ini bagus untuk merangsang inspirasi dan menjadi dorongan yang Anda butuhkan ketika semangat bekerja mulai mengendur.” ujar Ryan Martin, Principal Designer di Croma Design Inc, salah satu perusahaan interior yang ada di Toronto, Kanada.

Foto: Tri

LEAVE A REPLY