oleh

7 Hal yang Membuat Anda Bahagia Tinggal di Rumah Kecil

Menurut survey yang dilakukan oleh Houzz, sebuah platform desain rumah kepada 6.000 responden, 87 % nya mengatakan bahwa desain rumah mempengaruhi kebahagiaan mereka, dan sekitar 70 % nya mengatakan bahwa kebahagiaan itu didapat dari kenyamanan dan kebersihan rumah. Jadi, kebahagian tidak ditentukan dengan besar-kecilnya rumah yang Anda miliki.

Untuk Anda yang memiliki rumah kecil, ternyata justru ada banyak kelebihan dan keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Desainer interior Sonia Simpfendorfer yang merupakan creative director di Nexus Designs mengatakan bahwa dirinya lebih senang mendesain rumah mungil, karena rumah besar pada umumnya terdapat ruangan yang tidak selalu terpakai sehingga kurang bermanfaat.  Jadi, ternyata ada banyak hal yang bisa membuat Anda lebih bahagia dengan memiliki rumah kecil. Berikut 7 hal yang membuat Anda lebih bahagia memiliki rumah mungil:

Lebih Mudah Dirawat dan Dibersihkan

Rumah yang tidak terlalu luas otomatis butuh energi, waktu dan usaha lebih sedikit untuk merawatnya dan membersihkannya dibanding rumah besar. Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu besar untuk pemeliharaannya.

Lebih Murah

Rumah yang kecil lebih murah untuk urusan berbagai hal dalam pengeluaran rutin, seperti biaya listrik, air, dan pajak. Semakin besar rumah Anda tentu Pajak Bumi dan Bangunannya akan semakin besar. Begitu pun untuk air dan listrik, rumah yang besar misalnya pasti memiliki kamar mandi lebih banyak dan pendingin ruangan lebih banyak, yang mengakibatkan biaya listrik dan air tentunya lebih besar.

Membutuhkan Sedikit Barang

Dengan memiliki rumah yang kecil, berarti Anda harus memaksimalkan setiap kegunaan ruang dengan efektif. Jadi, Anda tidak perlu membeli furnitur, perabotan dan perlengkapan rumah lainnya dalam jumlah yang banyak, karena tempat yang terbatas. Hal ini tentu membantu mencegah Anda untuk menjadi konsumtif, sehingga Anda pun bisa menghemat.

Mempererat Hubungan Keluarga

Rumah yang mungil memungkinkan terjadinya lebih banyak interaksi sosial antara anggota keluarga. Karena rumah yang tidak terlalu luas membuat Anda lebih mudah dan lebih sering berpapasan dengan anggota keluarga, sehingga keakraban dapat terjalin lebih erat, karena setiap anggota keluarga mudah ditemukan hanya dengan mengedarkan pandangan.

Mengurangi Godaan untuk Menumpuk Barang

Kebiasaan menumpuk barang (hoarding habit) akan bisa diminimalisasi jika tinggal di rumah yang mungil. Anda sadar betul seberapa luas rumah dan kapasitas ruang yang dapat diisi. Rumah yang luas membuat Anda bisa dengan mudahnya menumpuk barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu Anda butuhkan.

Tidak Terlalu Repot Mendekor

Rumah yang mungil membuat Anda lebih efektif dalam memikirkan ide dekorasi rumah. Anda tidak perlu repot-repot memikirkan apa saja benda-benda yang bisa menjadi hiasan di rumah Anda. Karena setiap ruang harus berfungsi secara maksimal.

Pasar yang Lebih Luas untuk Menjual

Rumah yang mungil tentu harganya lebih terjangkau. Persentase orang yang mencari rumah dengan harga terjangkau jelas lebih besar daripada orang yang mencari rumah besar dengan harga mahal.

Foto: Ifran

About Author: Aprillia Ramadhina

Jurnalis, editor dan penulis yang gemar melukis. Mengawali karier sebagai jurnalis sejak tahun 2011. Antusias terhadap filsafat, media, buku dan seni, terutama seni visual, seperti lukisan, patung, instalasi, desain, dan fotografi. Buku yang telah ditulis: "Turn on the Radio" (Bukune, 2015). Email: aprillia.dhina@hotmail.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed