7 Langkah Tepat Ciptakan Kamar Tidur Yang Nyaman

kamar tidur yang nyaman

Sebagai ruang untuk beristirahat setelah seharian penuh beraktivitas, kamar tidur perlu dirancang sedemikian rupa demi menunjang kenyamanan saat beraktivitas di dalamnya. Ada banyak sekali tema desain yang bisa Anda terapkan untuk interior kamar tidur, mulai dari gaya klasik, shabby chic, natural hingga minimalis. Apapun gaya desainnya, yang penting mampu menciptakan suasana yang hangat dan nyaman sehingga waktu istirahat pun jadi lebih berkualitas.

Ada beberapa hal yang perlu Anda simak sebelum menata kamar tidur. Kolaborasi antar elemen berikut ini mampu menghadirkan suasana kamar tidur yang nyaman.

Pemilihan Warna

Agar waktu istirahat terasa lebih nyaman, gunakan warna-warna natural yang soft seperti krem, cokelat, abu-abu atau kuning muda. Warna mencolok hanya akan membuat mata Anda lelah dan membuat tidur Anda terasa tidak nyaman. Anda bisa mengaplikasikan cat atau wallpaper sebagai material finishing pelapis dinding. Jika Anda memilih wallpaper, maka pilih wallpaper dengan motif yang tidak terlalu ramai agar ruangan terasa lapang.

Atur Penempatan Furnitur

Pengaturan posisi furnitur penting dilakukan, terutama pada ruangan kecil. Jika memungkinkan, sebaiknya pilih furnitur built in seperti lemari pakaian untuk menghemat lahan. Namun jika luas ruangan cukup luas, Anda bisa menambahkan meja rias dan sofa, atau mengolah sudut ruang menjadi ruang kerja.

Ukuran Ranjang dan Kain Seprei

Ranjang merupakan benda terpenting guna mendapatkan kualitas tidur yang baik. Pilih desain ranjang sesuai dengan luas ruangan. Anda bisa menempatkan ranjang empat tiang (four-poster bed) untuk memperkuat gaya klasik jika kamar tidur Anda cukup luas. Sebaliknya, gunakan panel bed atau ranjang dengan desain simple pada ruangan dengan luas terbatas. Adapun untuk kain seprei, pilih bahan kain yang lembut dan menyerap keringat seperti katun atau linen. Anda bisa membaca ulasan tentang kain seprei disini.

Bukaan Untuk Sirkuasi

Menghadirkan bukaan berupa jendela menjadi hal yang wajib dilakukan untuk memasukkan cahaya matahari dan sirkulasi udara, sehingga ruangan tidak terasa pengap. Akan lebih baik jika posisi kamar tidur berdampingan dengan taman. Pemandangan hijau yang tampak jika pintu kamar dibuka memberikan sensasi relaksasi yang menyenangkan.

Atur Pencahayaan

Gunakan sistem dimmer untuk mengatur intensitas cahaya di dalam kamar. Pencahayaan yang baik untuk beristirahat adalah cahaya temaram yang memberikan suasana nyaman dan tenang. Alternatif lain, Anda juga bisa menggunakan table lamp di kedua sisi ranjang sebagai lampu tidur saat general lighting dipadamkan.

Aroma Therapy

Waktu beristirahat akan terasa semakin nyaman dengan menempatkan aroma therapy di salah satu sudut ruang. Wewangian yang lembut membantu Anda untuk merasa lebih rileks dan nyaman saat beristirahat.

Elemen Pelengkap

Manjakan indera peraba dengan menempatkan karpet guna menutupi sebagian lantai. Selain terasa nyaman dipijak, warna dan motif karpet menjadi elemen dekoratif yang mempercantik tampilan kamar tidur. Selain itu, Anda juga bisa menempatkan bantal-bantal kecil (cushions) di ranjang untuk menambah relaksasi saat istirahat.

Fotografer : Ifran Nurdin

Lokasi : Rumah tinggal di Surabaya, Jawa Timur

LEAVE A REPLY