8 Langkah Sederhana Menerapkan Gaya Hidup Zero Waste

zero_waste_strategy

Sampah telah menjadi sumber banyak masalah. Anda tentu tahu bahwa sampah-sampah yang Anda hasilkan tidak menguap atau menghilang begitu saja, melainkan bisa menumpuk di tempat pembuangan, yang pada akhirnya mencemari lingkungan dan membahayakan sekitar.

“Nol sampah” (zero waste) adalah sebuah gaya hidup positif yang meminimalisasi penggunaan bahan yang  mencemari lingkungan, menolak pemakaian bahan sekali pakai di semua aspek kebutuhan, dan mendorong orang untuk mencari solusi alternatif pemakaian benda-benda pakai untuk digunakan kembali dalam kehidupan sehari-hari.

Ada cara-cara sederhana dimana Anda bisa melakukan langkah kecil untuk membatasi warisan sampah di dunia. Berikut ini 8 langkah sederhana dalam menerapkan gaya hidup zero waste seperti dirangkum dari Onegreenplanet.org.

Hindari Penggunaan Plastik

tas
Foto: customearthpromos.com

 

Sebisa mungkin Anda membawa tas kain sendiri atau keranjang belanjaan yang Anda punya ketika hendak berbelanja. Plastik merupakan sampah yang butuh waktu lama untuk menguraikannya.

Habiskan Makanan Anda

Sisa-sisa makanan yang tidak habis Anda konsumsi dapat menjadi sampah yang menumpuk. Jadi, sebisa mungkin jangan buang makanan Anda. Kalaupun terpaksa harus membuangnya pastikan bahwa Anda mampu membuatnya menjadi kompos.

Hindari Barang Sekali Pakai

zero
Foto: ecoble.com

Dibanding menggunakan tissue yang hanya dapat dipakai sekali, lebih baik gunakan kain atau handuk untuk mengelap sesuatu. Gunakan peralatan yang biodegradable di dapur rumah Anda.

Belilah Barang Second Hand

ZW-research-center-team-at-work
Foto: zerowasteeurope.eu

Membeli barang bekas bukanlah sesuatu yang merendahkan harga diri Anda. Barang-barang yang memberi kesan vintage justru bisa mendongkrak penampilan Anda. Contohnya pakaian, dengan membeli pakaian second hand, permintaan terhadap produksi pakaian baru bisa diminimalisasi dan mengurangi sampah tekstil.

Gunakan Benda yang Tahan Lama

Meski harganya lebih mahal, belilah barang-barang yang awet dan tahan lama. Ini justru akan menghemat pengeluaran Anda untuk jangka panjang, selain juga mengurangi jumlah benda yang berakhir cepat di tempat sampah. Benda yang tidak awet juga cenderung cepat rusak dan membuat Anda harus mengeluarkan uang lagi untuk memperbaikinya.

Bawa Bekal Makan Siang Anda

Menurut RecycleWorks.org, kemasan yang digunakan ketika membeli makan siang seperti plastik dan lain sebagainya menyumbangkan 50 kg sampah per orang setiap tahunnya. Dengan membawa bekal sendiri untuk makan siang di kantor, selain mengurangi sampah, Anda juga menghemat pengeluaran uang Anda.

Kurangi Penggunaan Kertas

Rata-rata pekerja kantoran menggunakan 1 kg kertas perharinya. Gunakan catatan yang terdapat di laptop dan berkomunikasilah dengan rekan-rekan di kantor dengan menggunnakan surat elektronik dibanding menggunakan kertas. Efisiensikan teknologi yang Anda punya di kantor untuk mengurangi sampah kertas.

Daur Ulang

Menggunakan botol yang dapat digunakan kembali untuk membawa air minum adalah ide bagus dibanding Anda membeli botol plastik. Jika Anda terpaksa harus membeli air kemasan, pikirkan juga bagaimana mendaur ulangnya. Dengan mengolah sampah menjadi benda yang lebih berguna Anda telah menyumbangkan langkah kecil yang bermanfaat bagi bumi Anda.

 

LEAVE A REPLY