8 Tips Membeli Furnitur Online

sofa

Anda senang belanja online? Kini pembelian barang dan jasa sudah semakin dimudahkan dengan adanya toko-toko online, termasuk furnitur. Akan tetapi tidak seperti membeli baju atau kosmetik secara online yang jika tidak sesuai harapan ketika dibeli tidak akan terlalu menguras kantong Anda, lain halnya dengan furnitur. Furnitur yang dibeli tidak sesuai harapan pastinya akan membuat Anda menyesal, mengingat Anda tak bisa menyentuh langsung furnitur yang Anda beli di toko online. Berikut 8 tips membeli furnitur online.

Sesuaikan Dana yang Anda Miliki dengan Kebutuhan

Belilah furnitur yang memang benar-benar Anda butuhkan. Jangan tergiur harga murah, promo menarik dan tampilan yang cantik dari foto-foto furnitur yang dijual di toko online. Berlatihlah menahan diri untuk tidak berbelanja furnitur di luar kebutuhan, mengingat harganya yang tidak murah.

Perhatikan Detail Produk

Selain ukuran dan warna perhatikan betul material produk furnitur yang akan Anda beli. Pilih bahan yang memang berkualitas dan tahan lama. Pikirkan juga apakah produk tersebut cocok ditempatkan di ruangan rumah Anda atau tidak.

Carilah Beberapa Pilihan Toko Online

Sama halnya ketika Anda membeli furnitur di toko fisik, pastilah Anda berkeliling dari satu toko ke toko lainnya untuk mencari perbandingan, baik dari segi bentuk, harga dan kualitas. Begitu pun yang harus Anda lakukan ketika hendak belanja furnitur secara online. Carilah beberapa toko online yang menjual furnitur yang sedang Anda incar, selain bandingkan produk, bandingkan juga kredibilitas dari tokonya.

Pilih Toko Online yang Terpercaya

Untuk mendeteksi kredibilitas toko online yang menjual furnitur, Anda bisa melacaknya melalui website atau social media toko online tersebut. Lihat komentar-komentar pembeli yang dilayangkan kepada toko online tersebut. Perhatikan postingan-postingan toko online tersebut di kanal media sosialnya. Dengan melacak hal-hal tersebut Anda bisa menentukan apakah toko online ini bisa dipercaya atau tidak. Ingat selalu, bahwa toko online dengan nama besar sekalipun, belum tentu memberikan pelayanan yang memuaskan.

Pengemasan dan Pemasangan

rak

Tanyakan betul bagaimana pengemasan yang dilakukan toko online tersebut terhadap produk yang dijualnya. Pengemasan yang kurang baik bisa membuat furnitur cacat ketika sampai di rumah Anda. Pada umumnya membeli furnitur secara online berarti Anda harus memasangnya sendiri. Jadi, pastikan toko online Anda memberikan petunjuk pemasangan semudah mungkin.

Perhatikan Garansi

Garansi merupakan hal penting jika furnitur yang Anda pesan terkena benturan atau terdapat kecacatan yang bukan disebabkan perbuatan Anda. Dengan adanya garansi, toko online bertanggung jawab akan furnitur yang dikirimnya jika terjadi kerusakan karena proses pengiriman.

Sesuaikan Ukuran Furnitur dengan Ukuran Ruangan

Perhatikan betul ukuran furnitur yang terpampang di toko online. Jangan memaksakan membeli furnitur yang sebenarnya tidak muat diletakkan di ruangan di rumah Anda. Jika ruangan Anda tidak terlalu besar tapi memaksakan diri membeli furnitur besar, tentu selain tidak enak dipandang, ruangan tersebut juga tidak akan nyaman untuk ditempati.

Perhatikan Biaya Ongkos Kirim

Karena proses pengiriman furnitur tidak selalu sama dengan pengiriman barang biasa, biasanya akan dikenakan biaya ongkos kirim yang lumayan untuk pengirimannya. Anda harus menyiapkan dana lebih untuk biaya ongkos kirim, terutama jika Anda tinggal di luar kota. Biasanya biaya ongkos kirim tidak dikenakan untuk setiap pemesanan, melainkan untuk setiap item barang yang dibeli. Jadi jika dalam sekali pesan Anda membeli banyak barang, persiapkan biaya ongkos kirim untuk setiap item.

SHARE
Previous articleParade Bingkai Unik
Next articleLa Piazza, Tempat Wisata Baru
Aprillia Ramadhina
Jurnalis, editor dan penulis yang gemar melukis. Mengawali karier sebagai jurnalis sejak tahun 2011. Antusias terhadap filsafat, media, buku dan seni, terutama seni visual, seperti lukisan, patung, instalasi, desain, dan fotografi. Buku yang telah ditulis: "Turn on the Radio" (Bukune, 2015). Email: aprillia.dhina@hotmail.com

LEAVE A REPLY