Abie Abdillah : Mempopulerkan Rotan Dengan Desain Masa Kini

IMG_8464Sosok pria bernama lengkap Abie Abdillah lekat dengan material rotan yang dijadikan bahan baku utama tiap karya funitur yang diciptakannya. Eksplorasi desain dengan menggunakan material rotan inilah yang membawa sosok Abie Abdillah ke kancah internasional. Melalui ‘tangan dingin’nya, ia berhasil mengolah rotan yang semula terabaikan menjadi sesuatu yang gaya dan kekinian.

Ketertarikannya pada material rotan diawalinya sejak ia masih duduk di bangku kuliah pada tahun 2004. Ia tahu bahwa negeri ini memiliki budaya craftsmanship yang luar biasa menarik. Disisi lain, material rotan yang digunakan sebagai bahan baku craftsmanship tersebut pun berlimpah.

“Saya berupaya mengangkat nama Indonesia di kancah internasional tetapi bukan dari aspek tradisi dan aspek budayanya saja. Dalam hal ini, saya melihat ada fenomena lain yang menarik yaitu tentang keberadaan material rotan. Hampir 80 persen kebutuhan material rotan dunia berasal dari hutan di Indonesia. Ini merupakan potensi besar yang dapat dikembangkan dengan lebih baik lagi oleh pihak-pihak terkait,” ujar pria lulusan Jurusan Desain Produk di Institut Teknologi Bandung (ITB) ini.

pretzel-bench-abie-abdillah
Salah satu karya Abie, Pretzel bench

Meskipun hingga saat ini Abie masih melihat sulitnya material rotan untuk “berkompetisi” dengan material lainnya seperti kayu ataupun material sintetis dengan anggapan bahwa material rotan merupakan bahan baku untuk produk furnitur kuno, ia justru semakin terpacu untuk ‘menelurkan’ sejumlah karya.

“Saya ingin material rotan dihargai keberadaannya. Mudah-mudahan melalui karya yang saya buat, dapat membantu mengubah persepsi masyarakat terhadap material rotan. Dengan demikian, secara perlahan-lahan masyarakat dapat menyukainya dan memanfaatkannya.” ujar Abie.

Karya Abie yang terpilih menjadi bagian dari koleksi brand Cappellini asal Italia.

Melalui karya-karyanya, Abie berhasil meraih berbagai penghargaan yang membanggakan. Contohnya, Platinum Awards di Indonesia Furniture Designs Award dan Thailand Innovative Craft Award 2015.  Selain itu, ia juga berkesempatan ikut dalam ajang Gwangju Design Biennale, Gwangju, Korea Selatan. Pada bulan April 2016 lalu produk yang rancang olehnya bahkan berhasil terpilih menjadi bagian dari koleksi brand Cappellini asal Italia dan dipamerkan dalam ajang internasional Milan Design Week 2016.

*Artikel ini disadur dari artikel berjudul ‘Abie Abdillah : Membawa Rotan Tampil Kekinian’ oleh Adhitya Pratama yang terbit di majalah Asri edisi September 2015.

Foto : Tri Rizeki

 

SHARE
Previous articleMelihat Rumah Mewah Kylie Jenner
Next article6 Inspirasi Storage di Bawah Tempat Tidur
Astri Diana
Born to be a writer adalah kalimat yang tepat untuk mendefinisikan sosok ibu dua anak ini. Dia bahkan sering memanfaatkan waktu senggang dengan menulis cerita-cerita fiksi.

LEAVE A REPLY