Ada Rayap di Struktur Kayu, Ini Solusinya!

_MG_1949

Rayap merupakan salah satu masalah terbesar yang dihadapi bangunan dengan material kayu. Rayap merupakan hewan yang memakan zat selulosa pada kayu. Hal tersebut membuat kayu menjadi lapuk dan berlubang.

Lubang dan pelapukan ini akan melemahkan kayu. Hal ini akan menjadi berbahaya jika penggunaan kayu pada bangunan adalah sebagai struktur.

Solusi

Jika hal ini terjadi pada bangunan Anda, Anda tetap dapat memperbaikinya. Ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan.

Yang pertama adalah membasmi koloni rayap yang ada pada bangunan. Anda bisa menggunakan jasa pembasmi rayap. Biaya penggunaan jasa ini biasanya dihitung berdasarkan keliling bangunan.

Setelah rayap mati, Anda bisa memperbaiki lubang-lubang yang ada pada kayu dengan dempul. Namun, jika kerusakan sangat parah dan dapat membahayakan bangunan, Anda harus mengganti kayu tersebut.

Jika rayap ada pada rangka atap, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggantinya dengan baja ringan.

Pencegahan Rayap

Tindakan perbaikan tidak hanya sampai di situ saja. Anda tentu tidak mau kayu-kayu yang ada pada bangunan Anda diserang rayap lagi. Untuk pencegahan, Anda dapat melapisi kayu tersebut dengan antirayap.

Selain itu, jika kayu tersebut diganti, pilihlah kayu yang tahan terhadap rayap seperti merbau. Pilih juga kayu yang telah melewati proses pengeringan dan pengawetan.

 

LEAVE A REPLY