Ada Rumah Terbalik Bertengger di Atas Museum!

Museum Moderner Kunst (MUMOK) yang terletak di Wina merupakan museum seni terbesar di Austria. Berisi lebih dari 7.000 koleksi karya seni modern dan kontemporer dari abad 20 dan 21. Namun, yang paling unik dari museum ini adalah sebuah rumah mungil yang tersangkut di bagian ujung atas gedungnya.

Rumah ini merupakan instalasi yang dibuat oleh seniman Erwin Wurm pada tahun 2008, berjudul “House Attack”. Sesuai judulnya rumah keluarga ini seperti dilemparkan atau dijatuhkan hingga tersangkut dan bertengger di fasad museum.

Erwin Wurm memang dikenal akan karyanya yang tidak biasa, eksentrik, terkadang penuh humor dan membingungkan. “House Attack” bisa jadi dimasukkan ke dalam kategori keduanya. “House Attack” adalah karya seni modern yang pertama kali Anda lihat di museum ini sebelum melihat ke bagian dalamnya. Di dalamnya sendiri Anda dapat melihat berbagai karya seni dari bebagai aliran seperti kubisme, surealisme, hingga pop art.

Menurut Wurm, instalasi rumah yang dipasang menggantung terbalik ini menyimbolkan keluarga di dunia yang ‘terjun’ dalam kekhawatiran dan tantangan kehidupan sehari-hari. Ia memang senang mengangkat konsep sederhana kemudian menambahkan deformasi fisik dalam karyanya.

 

Tujuan teknis dari proyek ini ialah untuk menginspirasi arsitek di seluruh dunia untuk merancang sesuatu melalui pemikiran arsitektural yang terbebas dan tidak terikat pada batasan “normal”. Bangunan ini pun dikenal menjadi landmark paling tidak biasa yang mewakili seni kontemporer.

Foto: atlasobscura

LEAVE A REPLY