Agar Furnitur Outdoor Tetap Awet

Menjaga Furnitur Outdoor

Seperti diketahui, kini furnitur tidak hanya untuk ruang dalam saja, area luar juga menggunakannya. Sekalipun tidak banyak, furnitur outdoor memiliki peran yang penting agar area luar rumah semakin menarik. Selain itu, tentu saja adanya furnitur tersebut agar penghuni rumah dapat lebih nyaman saat bersantai di area luar.

Namun, tidak berbeda dengan indoor, furnitur outdoor pun membutuhkan perawatan agar dapat awet dan tahan lama. Terlebih, benda-benda tersebut harus menghadapi cahaya matahari dan perubahan cuaca lain yang dapat memengaruhi tampilan serta daya tahannya. Oleh sebab itu, perhatikan dengan baik penempatan, perawatan, bahkan material furnitur.

Menjaga Furnitur Outdoor

Sebelum membeli, akan lebih baik tanyakan mengenai material, misal bila bahan tersebut berasal dari kayu, cari tahu mengenai jenis dan usia maksimal furnitur. Tanyakan pula mengenai finishing, usia cat atau pelitur yang digunakan. Hal ini penting karena lama cat dan pelitur tersebut dapat menunjukkan keawetan sebuah furnitur. Kemudian, tingkatkan daya tahannya dengan menempatkannya di tempat yang tepat.

Sebaiknya, sekalipun furnitur outdoor berada di luar rumah, usahakan agar furnitur tidak terkena sinar matahari maupun air hujan secara langsung. Lindungi benda-benda tersebut dengan penutup, seperti kanopi atau gazebo. Adanya penutup ini juga memberi keuntungan lain karena dapat melindungi orang di bawahnya.

Menjaga Furnitur Outdoor

Selanjutnya, pastikan agar furnitur, terutama pelapisnya, dalam keadaan bersih. Jaga pula warna furnitur agar tidak memudar dengan melakukan perawatan, misal bila furnitur berbahan kayu jati oleskan minyak jati setiap tiga bulan sekali atau bila berasal dari kayu jenis lain lindungi dengan varnish. Sementara untuk bahan logam atau besi tempa, cat kembali furnitur bila ada bagian yang terkelupas untuk menghindari karat.

Terakhir, tidak ada salahnya untuk menyimpan furintur outdoor bila cuaca memang tidak memungkinkan untuk meletakkannya di luar. Pastikan, lokasi penyimpanan tidak berada terlalu jauh agar memudahkan saat proses pemindahan. Selain itu, untuk menjaga keawetannya, hindari meletakkan furnitur di ruang yang lembab.

Foto: Ifran, Ahkamul

1 COMMENT

LEAVE A REPLY