Agar Kamar Mandi Tidak Lembap

kamar-mandi-lembap-01

Kamar mandi memang adalah salah satu area basah di rumah. Akan tetapi, jika kamar mandi dibiarkan selalu lembap, ruangan tersebut menjadi ruangan yang tidak sehat. Selain itu, kelembapan yang tinggi juga akan menyebabkan kamar mandi menjadi bau.

Salah satu faktor yang menyebabkan kamar mandi lembap adalah karena sirkulasi udara yang tidak baik. Hal ini akan terjadi jika Anda menempatkan kamar mandi di tengah bangunan. Posisi kamar mandi seperti ini banyak ditemukan di rumah-rumah yang dibangun oleh pengembang.

Berikut ini adalah empat cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi kelembapan kamar mandi.

Gunakan Exhaust Fan di Kamar Mandi Tertutup

Jika kamar mandi Anda berada di tengah bangunan, gunakan exhaust fan dengan tipe ceiling mount. Udara yang lembap akan dihisap oleh exhaust fan dan dibuang ke atas plafon kamar mandi.

Jika Anda menggunakan exhaust fan tipe ini, pastikan udara lembap tersebut dapat mengalir keluar dari ruang antara atap dan plafon.

Bersihkan Lubang Sirkulasi Udara Secara Rutin

Baik Anda menggunakan exhaust fan atau tidak, pastikan saluran udara Anda tersebut bersih. Debu yang menempel pada exhaust fan dapat menghambat saluran udara. Bersihkan penutup kipas dan baling-balingnya dari debu.

Ventilasi udara yang kotor juga akan menghambat udara mengalir, apalagi jika dipasangi kassa. Gunakan sikat untuk membersihkan debu-debu yang menempel pada kassa tersebut.

kamar-mandi-lembap-02

Perhatikan Kemiringan Lantai Kamar Mandi

Genangan air dapat membuat kamar mandi Anda lembap. Agar tidak terjadi genangan air, pastikan kemiringan kamar mandi Anda sebesar 2-3% menuju drainase. Artinya, setiap 1 meter jarak horizontal terdapat perbedaan ketinggian sebesar 2-3 cm.

Selain itu, letakkan lubang drainase atau floor drain di sudut kamar mandi yang mudah dijangkau. Dengan cara ini, Anda akan dapat lebih mudah membersihkan lubang drainase jika mampat.

Kurangi Kadar Air Dalam Kamar Mandi

Walaupun sudah banyak yang menggunakan shower, masih ada rumah-rumah yang dirancang dengan bak penampung air. Ada baiknya Anda mengganti bak penampung air dengan shower.

Selain untuk mengurangi kelembapan, penggunaan shower juga akan lebih menghemat air.

1 COMMENT

  1. memang, kelembabanng sepertinya tidak baik untuk kesehatan ruangan, bagi saya, pastikan sirukasi udara yang cukup, dan ditambah pencahayaan, dan lebih baik ketika siang hari, usahakan ada cahaya matahari yang bisa masuk

LEAVE A REPLY