Agar Ruang Makan Kecil Tetap Terlihat Menarik

Rumah dengan luas terbatas terkadang membuat pembagian ruang dalam rumah menjadi lebih sulit atau bahkan area ruang dipersempit. Salah satu yang ikut dibatasi luasnya barangkali ruang makan. Kebanyakan orang mungkin berpikir ruang makan tidak memerlukan area yang luas atau bahkan tidak membutuhkan sebuah tempat khusus.

Tidak salah juga, karena ruang makan bisa didesain dengan ukuran berapa pun sesuai dengan kebutuhan. Bila luas rumah atau ruang tidak memungkinkan, mendesain ruang makan kecil pun bisa menjadi solusi. Tidak perlu khawatir, karena sekalipun kecil, ruang makan ini bukan berarti tidak bisa tampil menarik. Lalu, apa yang harus dilakukan agar ruang makan kecil tetap dapat terlihat menarik?

Dengan memperhatikan detail dan desain area tersebut, ruang makan kecil pasti tetap dapat menarik perhatian dan tidak akan mudah dilupakan. Apa saja? Ini dia.

Agar Ruang Makan Kecil Tetap Terlihat Menarik

Pilih Desain Unik untuk Ruang Makan Kecil

Agar ruang makan tetap menawan, salah satu yang menjadi fokus ialah tema desain ruang makan. Pilihlah tema yang unik yang dapat membuat area makan terlihat menonjol. Tema desain tersebut nantinya juga dapat menentukan gaya furnitur yang digunakan. Berhubung ruang makan tidak akan menggunakan meja yang besar dan kursi yang banyak, menonjolkan desain furnitur atau gaya keseluruhan ruang makan, dapat membuat area tersebut tetap terlihat menarik.

Agar Ruang Makan Kecil Tetap Terlihat Menarik
Design by Sundays Design

Gunakan Aksesori di Ruang Makan Kecil

Area yang kecil bukan berarti tidak bisa berkreasi dengan akasesori. Meski aksesori atau pajangan yang ditempatkan tidak bisa banyak, Anda masih bisa memanfaatkan aksesori dengan tampilan unik untuk mempercantik ruang makan. Berbagai benda atau pajangan bisa ditambahkan, seperti vas bunga, tanaman, atau bingkai foto yang tentunya bisa menyemarakkan suasanan di ruang tersebut.

Agar Ruang Makan Kecil Tetap Terlihat Menarik
by Diego Bortolato

Pemilihan Warna juga Berperan dalam Ruang Makan Kecil

Dengan penggunaan warna terang, ruangan dapat terasa lebih segar dan cerah. Begitu pun dalam ruang makan yang tidak terlalu luas. Pemilihan warna dapat berpengaruh untuk suasana dan kesan dalam area tersebut. Karena lokasi ruang makan yang mungkin masih terhubung dengan ruang lain dalam rumah, penggunaan warna juga harus memperhatikan keseluruhan gaya dan warna yang digunakan. Pilih warna furnitur dan benda pajangan tanpa mengabaikan keseluruhan tampilan rumah atau area sekitar ruang makan.

Bila keseluruhan ruang hadir dengan warna netral, tidak ada salahnya untuk menggunakan furnitur berwarna terang di ruang makan. Bisa juga, warna terang di ruang makan dihadirkan melalui aksesori, seperti vas bunga, table runner, atau taplak meja. Sekalipun hanya menjadi aksen, warna terang tersebut dapat menghindari kesan monoton dan menyegarkan ruang. [Baca juga: Percantik Ruang Makan dengan Tips Ini]

Agar Ruang Makan Kecil Tetap Terlihat Menarik
by Ryland Peters & Small
Agar Ruang Makan Kecil Tetap Terlihat Menarik
by Nichole Loiacono Design
Agar Ruang Makan Kecil Tetap Terlihat Menarik
by Fiorella Design

 

Foto: Ifran Nurdin, decoist

LEAVE A REPLY