Agar Saluran Air Lancar Saat Meningkat Rumah

pipa saluran air

Meningkat rumah berarti mengubah peta distribusi suplai air bersih dan buangan air kotor. Jika pada saat rumah masih satu lantai Anda hanya direpotkan pada jaringan pipa horizontal, kini jaringan pipa meliputi horizontal dan vertikal. Jalur pemipaan vertikal sangat bergantung pada sumber air, kemiringan pipa dan efek gravitasi. Maka untuk memastikan air terdorong lancar, Anda dapat menggunakan pipa dengan diameter berbeda, mulai dari diameter kecil hingga besar.

Setidaknya ada tiga poin penting yang perlu dicermati sebelum membuat instalasi pipa di rumah bertingkat. Pertama, Anda perlu merancang denah lengkap dengan letak penempatan instalasi. Denah itu berisi jaringan suplai air bersih dan denah instalasi air kotor, termasuk air buangan. Selain itu, Anda harus membedakan pipa air bersih dan pipa untuk buangan air kotor. Poin terakhir yang tak kalah penting adalah pembagian saluran secara terpadu. Hal itu dapat dilakukan dengan membuat ruang (shaft) untuk penempatan pipa di dalam dinding.

Ukuran shaft biasanya 60cm x 60cm untuk menempatkan seluruh pipa saluran air bersih dan kotor. Dengan demikian pipa tak saling berseberangan, serta memudahkan Anda untuk memperbaiki jika ada kerusakan atau kebocoran pada pipa.

Tips Agar Pipa Berfungsi Maksimal

  • Pasang pipa diluar tembok, tidak ditanam. Hal ini akan memudahkan perawatan dan perbaikan jika pipa bocor. Atur penempatan pipa agar tampilannya tidak merusak keindahan ruang.
  • Pilih jenis pipa berbahan PVC dengan kualitas yang baik. Bahan ini tidak mudah rapuh dan pecah. Jangan lupa untuk mengecek status SNI pipa, ya!
  • Pasang jaringan air bersih terlebih dulu sebelum membuat pipa saluran  air kotor dan buangan. Sistem air kotor lebih kompleks dan menggunakan pipa yang lebih besar.
  • Pasang rangkaian pipa horizontal di bawah balok-balok lantai kedua atau di atas plafon lantai pertama.

 

Foto : lapenseeplumbing

SHARE
Previous articleWajah Baru Grohe di ISH 2015
Next articleSharp Dukung Kampanye Penghematan Energi
Astri Diana
Born to be a writer adalah kalimat yang tepat untuk mendefinisikan sosok ibu dua anak ini. Dia bahkan sering memanfaatkan waktu senggang dengan menulis cerita-cerita fiksi.

LEAVE A REPLY