Alternatif Tempat Rekreasi: Taman Kota Waduk Pluit!

Alternatif Tempat Rekreasi: Taman Kota Waduk Pluit!

Pemandangan yang kumuh dengan banyak sampah dan eceng gondok barangkali bukan hal yang asing di daerah Waduk Pluit. Namun, setelah dilakukan usaha relokasi dan normalisasi pada tahun 2013, tempat ini sudah jauh lebih bersih. Sisi barat waduk pun telah menjelma menjadi sebuah taman yang diberi nama Taman Kota Waduk Pluit. Tempat ini tentunya dapat menjadi salah satu alternatif tempat untuk berekreasi!

Taman Kota Waduk Pluit dibangun layaknya taman kota lainnya. Dengan luas sekitar enam hektare, taman tersebut menyediakan berbagai fasilitas untuk warga beraktivitas. Taman yang berlokasi di Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara ini pun dibagi menjadi beberapa zona, seperti zona parkir, zona olahraga, zona plaza utama, dan zona amphitheater.

Alternatif Tempat Rekreasi: Taman Kota Waduk Pluit!

Zona plaza utama merupakan pusat aktivitas pengunjung, sementara di zona olahraga terdapat lapangan futsal. Jalan setapak berupa paving block di taman ini juga dapat dijadikan jogging track. Selain itu, tahun lalu ini diresmikan pula berbagai peralatan olahraga yang dapat digunakan di Taman Kota Waduk Pluit. Ada sekitar enam jenis alat olahraga yang ditempatkan di ujung barat dan timur taman, seperti air walker, seated bike, seat leg press, seat body puller, seat horse ride, dan stand weight lifting.

Sementara zona amphitheater merupakan area setengah lingkaran yang dilengkapi area duduk bertingkat. Biasanya, area ini digunakan warga untuk menggelar berbagai pertunjukkan. Selain itu tentunya, Anda tidak boleh melupakan tanaman yang ada di taman karena berbagai tumbuhan inilah yang nantinya membuat area taman menjadi rimbun. Umumnya, pohon yang ditanam di taman ini merupakan tanaman khas pesisir, seperti pohon anggur laut, kalpataru/keben, trembesi, pohon jati, serta pohon bambu.

Jadi, apa yang ditunggu? Mari berekreasi ke Taman Kota Waduk Pluit menikmati pemandangan taman dan waduk yang menyenangkan!

Alternatif Tempat Rekreasi: Taman Kota Waduk Pluit! Alternatif Tempat Rekreasi: Taman Kota Waduk Pluit! Alternatif Tempat Rekreasi: Taman Kota Waduk Pluit! Alternatif Tempat Rekreasi: Taman Kota Waduk Pluit!

Foto: Didan N. Sardjono

LEAVE A REPLY