Artotel, Visualisasi Seni Pada Sebuah Hotel

Artotel

Artotel, sebuah boutique hotel yang berlokasi di pusat ibukota ini, merupakan satu di antara sederet hotel unik dan tematik yang ada di Indonesia. Sesuai dengan namanya yang merupakan gabungan dari kata “art” dan kata “hotel”, Artotel terinspirasi dari seni kontemporer yang terwujud melalui eksterior bangunan hingga ke ruang dalam.

Unsur seni di sini tidak hanya sekadar menghiasi dinding-dinding kosong berupa lukisan saja tetapi juga berupa instalasi seni yang dikerjakan oleh sejumlah seniman anak bangsa. Konsep ini sukses memberikan pengalaman visual yang berbeda dan menyenangkan.

 

Fasad Artotel

Hotel ini boleh dikatakan setengah galeri dan setengah hotel. Artotel menjadi persinggahan ideal bagi Anda para pencinta seni. Sentuhan seni di sini dimulai dari tampilan fasad bangunan.

Cat warna putih yang “membalut” seluruh dinding fasad bangunannya seolah-olah menjadi “kanvas” bagi coretan gravity seniman lokal, Darbotz. Guratan mural berwarna hitam dan ungu yang menutupi sebagian dinding fasad bangunan merupakan identitas bagi konsep hotel ini.

 

rotation gallery artotel

Tidak seperti hotel lain pada umumnya yang terkesan formal, Artotel justru tampil dengan suasana ceria dan colorful. Konsep hotel kontemporer yang kreatif, simpel, dan artistik ini terwujud melalui penataan interior yang dirancang oleh desainer Ariya Sradha.

Hal tersebut dapat dilihat pada area lobinya. Area yang biasanya berfungsi sebagai ruang tunggu ini kini “disulap” menjadi rotation gallery. Area tersebut menyerupai ruang pamer yang menyuguhkan instalasi seni berupa patung, lukisan, dan benda seni (artwork) karya seniman lokal. Setiap bulannya tamu bisa menikmati karya seni yang berbeda sesuai dengan tema yang diusung.

 

7008+7011+7013

Sementara itu, konsep interior yang senada juga tampak pada kamar tidur. Seni mural seolah-olah “dibawa masuk” menghiasi beberapa bidang dinding di dalam kamar tidur yang seluruhnya berjumlah 107 kamar. Hal itu dilakukan untuk menciptakan kesinambungan desain dari luar sampai ke ruang terkecil.

Dengan demikian, paduan antara arsitektur bangunan urban dan seni rupa kontemporer mampu memberikan “sensasi” serta pengalaman ruang yang berbeda bagi tamu yang menginap. Hotel ini sekaligus menjadi ikon yang menginspirasi boutique hotel lain di sekitarnya.

 

7206+7207+7209

Fotografer : Tri Rizeki Darusman

Lokasi : Artotel Jakarta

 

 

LEAVE A REPLY