Bagaimana Membersihkan Peralatan Kebersihan di Rumah Anda?

Untuk membersihkan rumah secara optimal tentunya Anda memerlukan peralatan kebersihan yang berkualitas. Akan tetapi tahukah Anda seberapa bersih peralatan kebersihan yang Anda miliki? Membersihkan rumah dengan peralatan kebersihan yang kotor tidak hanya membuat aktivitas membersihkan rumah menjadi sia-sia melainkan juga membuat rumah Anda bukan menjadi bersih tapi justru menjadi bertambah kotor.

Peralatan kebersihan yang kotor tidak akan efektif membersihkan rumah Anda. Peralatan kebersihan yang tidak terawat dengan baik dapat menjadi sarang bakteri dan kotoran. Bagaimana membersihkan peralatan kebersihan di rumah?

(Baca juga: Membersihkan Rumah Dengan Gula, Mungkinkah? )

Spons

spons

Spons cuci piring membersihkan aneka kotoran di peralatan masak dan makan Anda. Namun, spons juga menyimpan banyak kuman dan bakteri jika tidak sering dibersihkan. Anda dapat mematikan bakteri di spons dengan memanaskannya di microwave atau merendamnya di dalam larutan air hangat yang mengandung setengah sendok teh pemutih.

( Baca juga: Tips Menjaga Spons Cuci Piring Tetap Bersih )

Sapu

sapu
Foto: apartmentguide.com

Setiap minggu, bawalah sapu Anda ke luar ruangan, dan ketukan ke pagar untuk menyingkirkan debu-debunya. Bisa juga menggunakan sikat untuk menyisir helaian sapu untuk membuang rambut atau benang yang terjebak di sapu. Sebulan sekali, rendamlah sapu dalam larutan yang mengandung air hangat dan sabun. Bilas, dan biarkan sampai benar-benar kering sebelum Anda menggunakannya lagi.

Pel

pel
Foto: apartmentguide.com

Pisahkan bagian kepala pel agar membuatnya mudah dibersihkan. Cucilah kain pel dengan deterjen biasa dan air panas. Setelah itu gantung kain pel Anda sampai kering. Lakukan ini sebulan sekali.

Sikat

sikat
Foto: apartmentguide.com

Sikat yang biasa Anda gunakan untuk menggosok lantai kamar mandi juga perlu sekali dibersihkan. Gunakan lidi atau sumpit sekali pakai atau benda sejenisnya untuk mengeluarkan rambut-rambut dan kotoran kecil lainnya yang terselip di sikat. Isi ember dengan air hangat dan tuangkan cairan pembersih ke dalamnya. Rendam sikat kurang lebih 30 – 60 menit di dalamnya. Bilas dan biarkan sikat mengering dengan sendirinya. Lakukan hal ini setiap bulan untuk menjaga kebersihan sikat Anda.

(Baca juga: Bersihkan Mesin Cuci dari Segala Kuman )

LEAVE A REPLY