Bambang Wicaksono, Arsitek yang Berpikir Komprehensif

Bambang Wicaksono
Foto: Aprillia Ramadhina

Bambang Wicaksono adalah seorang arsitek praktisi, dan pengusaha. Saat ini ia mengelola 3 perusahaan dalam bidang jasa konsultasi desain arsitektur dan interior, kontraktor interior, dan pengembang perumahan. CEO dan principal architect di PT Atelier Prapanca ini merupakan  lulusan arsitektur Universitas Tarumanagara angkatan 2000. Karyanya fokus di high end residential, housing, government dan corporate office. Ia pernah menjadi Ketua bidang Penghargaan dan Sayembara IAI Jakarta 2012-2015.

“Jadi arsitek itu cita-cita saya sejak SMA. Setelah lulus sempat kerja dulu untuk mencari pengalaman, sebelum akhirnya mendirikan perusahaan sendiri.” ujar arsitek berusia 34 tahun ini. Mendirikan perusahaan sendiri dan bekerja di perusahaan milik orang lain tentu sangat berbeda, namun ia menjalaninya dengan sukacita. “Segala sesuatunya harus dipikirkan dengan lebih komprehensif. Karena yang dipikirkan nggak hanya soal desain, tapi juga pengurusan legalitas perusahaan, cashflow, marketing, perencanaan bisnis dan lain-lain.”

atelier prapanca
Salah satu project Atelier Prapanca

Dalam menjalankan bisnisnya, ia pun terus memikirkan mengenai inovasi. Salah satu cara yang ia lakukan ialah dengan memperkenalkan konsep compact house lebih luas lagi di kalangan masyarakat. Konsep ini merupakan salah satu solusi bagaimana caranya orang bisa membeli rumah dengan harga yang lebih terjangkau. “Compact house meski mungil tidak mengorbankan kebutuhan ruang, jadi penghuni tetap nyaman tinggal di dalamnya.”

Bambang Wicaksono menjadi salah satu arsitek muda yang ikut serta dalam acara “Pameran 15 Arsitek” yang berlangsung di Living World Alam Sutera yang menjadi bagian dalam rangkaian Living World Asri Home Festival. Dalam akhir wawancara, ia pun berpesan kepada arsitek-arsitek di Indonesia untuk bisa lebih erat dalam berorganisasi. Dengan berorganisasi secara kuat, mengikuti sayembara dan kompetisi, menjadi jalan bagi arsitek-arsitek muda dan nama-nama baru untuk bermunculan dan lebih terangkat ke permukaan.

atelier prapanca

LEAVE A REPLY