Bangunan Tertinggi Kedua di Dunia Selesai Dibangun

Bangunan Tertinggi Kedua di Dunia Selesai Dibangun

Shanghai Tower yang didesain oleh firma arsitektur Gensler telah selesai dibangun dan menjadikannya sebagai bangunan tertinggi di China dan tertinggi kedua di dunia. Bangunan tersebut berlokasi di distrik Lujiazui dan di sekitar bangunan ini ada Jin Mao Tower dengan tinggi 421 meter yang didesain oleh SOM dan Shanghai World Financial Center setinggi 492 meter oleh Kohn Pedersen Fox.

Bangunan Tertinggi Kedua di Dunia Selesai Dibangun

Shanghai Tower yang memiliki tinggi 632 meter ini lebih tinggi 31 meter dibandingkan dengan Makkah Royal Clock Tower di Mekah yang sebelumnya memegang posisi sebagai tertinggi kedua di dunia. Bangunan ini memiliki 121 lantai, dibagi menjadi sembilan zona vertikal, termasuk di dalamnya tempat perbelanjaan di area dasar, perkantoran di bagian tengah, hotel, fasilitas kebudayaan, dan observation decks di bagian atas.

Bangunan dengan desain melengkung ini selesai dibangun pada akhir 2015, membuatnya menjadi resmi untuk masuk dalam daftar sepuluh besar bangunan tertinggi di dunia seperti yang didata oleh Council on Tall Buildings and Urban Habitat (CTBUH). Gensler sendiri belum membuat pengumuman mengenai selesainya pembangunan, karena masih menunggu hingga semua review keamanan selesai.

Sumber: dezeen

LEAVE A REPLY