Belajar tentang Alam di Cikole

Agar anak-anak mencintai lingkungan, mungkin ada gunanya mereka kita bawa ke ruang terbuka hijau supaya mereka dapat belajar dan memahami tentang alam. Di wilayah Bandung terdapat tempat yang aman dan nyaman untuk mempelajari alam yaitu kawasan Bumi Perkemahan Cikole (Cikole Endah). Tempat ini dikelola oleh Perum Perhutani, yang berlokasi sekitar 30 km dari Kota Bandung, tepatnya di Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Dahulu kawasan ini merupakan hutan produksi pinus, dan kini dikembangkan sebagai tempat bumi perkemahan. Terdapat banyak pohon yang tumbuh di kawasan ini, seperti pohon pinus, agathis dan kaliandra. Di kawasan hutan dengan luas lahan 10 hektare ini terdapat area perkemahan yang dapat menampung 50 unit kemah. Cikole Endah tidak hanya berfungsi sebagai tujuan wisata alam dan tempat bumi perkemahan, tetapi juga menyediakan arena untuk outbound, jungle kids, jogging track dan beberapa sarana hiburan lain. Di sini juga terdapat sumber mata air yang digunakan untuk keperluan pengunjung.

Untuk mencapai kawasan Cikole, tidak sulit, karena kawasan ini berada di pinggir jalan, di seberang gerbang masuk Gunung Tangkuban Parahu dan dapat ditempuh dengan menggunakan angkutan umum. Cikole memiliki sarana dan fasilitas yang lengkap seperti shelter, jalan setapak, jembatan, tempat parkir, gardu jaga, gerbang/loket karcis, rumah petugas, musala, MCK, instalasi air dan instalasi listrik serta mesin diesel. Berkunjung ke kawasan Cikole ini dapat menambah ilmu karena kita dapat belajar tentang alam, gunung api, hutan tropis, vulkanologi dan lingkungan.

Sebagai pelengkap permainan, tersedia pula berbagai aktivitas outbound dengan pilihan lokasi sesuai dengan kebutuhan seperti flying fox, paintball, rafting, landrover, team building program, outbound training, city treasure hunt, jungle treasure hunt, amazing race sampai wisata edukasi.

Program wana wisata ini selain dalam jangka harian, juga dalam jangka lama dengan berkemah. Kegiatan wisata yang dapat dilakukan adalah piknik, lintas alam dan hiking. Adapun untuk kegiatan berkemah disediakan pula beberapa kompleks perkemahan yang dapat digunakan. Kawasan Cikole sangat ideal bagi anak-anak yang ingin menambah wawasan tentang alam. Rasa cinta alam dapat ditanamkan di sini, sambil berekreasi bersama keluarga.

Liputan dan artikel lain tentang arsitektur, interior, taman dan lingkungan dapat Anda nikmati di Majalah Griya Asri.

Anda bisa mendapatkan Majalah Griya Asri di toko buku atau kios majalah terdekat. Untuk berlangganan Majalah Griya Asri secara langsung, silakan mengikuti prosedur berlangganan.

1 COMMENT

  1. Terima kasih sudah membahas Cikole. Kemarin aku ke Bandung, tapi karena tidak tahu banyak tentang bumi perkemahan ini, jadinya takut ke sana. Eh ternyata tidak seseram yang dibayangkan. Majalah Asri membahsanya tuntas, bak tahu apa yang akan dipertanyakan pembaca. Keren! 🙂

LEAVE A REPLY