Benda-Benda di Rumah yang Penuh dengan Bakteri

handle
Foto: partybuzz.co

Apa saja tempat yang Anda pikir paling kotor di rumah Anda? Tanpa Anda sadari ada banyak kuman di rumah Anda di benda-benda yang luput dari perhatian. Menurut para pakar di Society for General Microbiology dalam kondisi optimal, bakteri tertentu dapat membagi dirinya setiap 20 menit, dan menyebar dengan cepat di sekitar mereka tinggal. Kuman dapat membuat Anda sakit, meskipun sistem kekebalan tubuh Anda dapat melindungi diri Anda dari mikroorganisme, namun virus tetap bisa saja bersarang di tubuh Anda.

Tempat-tempat yang tidak terduga seperti tombol saklar, gagang pintu, dan peralatan elektronik nyatanya menyimpan banyak kuman melebihi perkiraan Anda. Namun, jangan terlalu panik untuk membuatnya “terlalu bersih”. Anda tidak mungkin kan melarang tamu Anda menyentuh pintu Anda atau langsung mengelap tombol saklar setelah seseorang menekannya.

Ada cara mudah untuk menjaga tubuh Anda tetap bersih, yakni dengan air dan sabun, tisu pembersih, dan hal-hal sederhana lainnya yang bisa membasmi kuman. Salah satu langkah sederhananya adalah cuci tangan Anda dengan benar dan jangan lupakan bagian celah-celah jari. Cuci selama kurang lebih 20 – 30 detik. Berikut tempat-tempat paling kotor di rumah Anda yang menjadi sarang kuman seperti dilansir dari Healthline.com.

Spons Cuci Piring

House cleaning product
Foto: Eatright.org

Fungsinya sebagai pencuci peralatan makan dan masak di rumah membuatnya mudah terkontaminasi bakteri dan kuman. Kelembapan spons membuat bakteri jadi lebih mudah berkembang. Bahkan, kuman di spons cuci piring bisa lebih banyak dari kuman di dudukan toilet.

Sink (Bak Cuci Piring)

sink

Tidak jauh berbeda dengan spons, sink bisa menjadi tempat kuman-kuman menempel, terutama jika Anda tidak membilasnya dengan bersih ketika habis menggunakannya. Sebisa mungkin juga untuk tidak menumpuk piring kotor di sink. Sisa-sisa kotoran yang tertinggal di sink sangat berpotensi menjadi kuman penyebar penyakit.

( Baca juga: Sink Mampet, Apa Solusinya? )

Handle Pintu Kulkas dan Knop Kabinet

kabinet
Foto: Tri Rizeki

Sambil memasak, tangan Anda yang berlumuran bumbu dan lainnya bisa dengan sembarangan menyentuh pintu kulkas dan knop kabinet dapur. Belum lagi anggota keluarga lainnya yang sehabis makan atau setelah berpergian langsung membuka kulkas, tentu saja ada banyak kuman yang menempel di sana.

Tombol Saklar

tombol
Foto: Healthline.com

Coba Anda hitung seberapa sering Anda menyeka tombol saklar di rumah Anda? Pasti jarang sekali. Sama halnya dengan gagang pintu, benda yang sering disentuh dengan beragam jari dari penghuni di rumah Anda ini juga menyimpan banyak bakteri.

Tas Makeup

tas makeup
Foto: Healthline.com

Tas makeup menyimpan peralatan-peralatan seperti bulu dan sikat aplikator makeup yang menjadi sasaran empuk untuk kuman bersarang. Bersihkan aplikator makeup Anda secara rutin, begitu juga sisa-sisa makeup yang menempel di tas makeup.

Peralatan Elektronik

keyboard

Remote control, keyboard komputer, ponsel, menjadi tempat dimana banyak kuman tinggal. Peralatan ini umumnya tidak hanya disentuh oleh satu orang di dalam rumah, tapi juga setiap anggota keluarga, bahkan tamu, sementara benda-benda ini umumnya jarang sekali dibersihkan. Carilah peralatan khusus yang dapat membersihkan peralatan elektronik yang aman.

( Baca juga: 5 Cara Membersihkan Kotoran di Keyboard Komputer dan Laptop )

Flush Handle, Tempat Sikat Gigi, Keran Shower

Version 2
Foto: Livelavidalo.com

Flush handle umumnya bagian yang sering terlupakan dibersihkan ketika Anda membersihkan kamar mandi. Biasanya orang hanya fokus pada lantai kamar mandi, dinding, bak mandi dan kloset untuk dibersihkan. Padahal sekitar saluran air dan keran juga bagian yang tidak kalah penting, terutama tempat sikat gigi Anda.

( Baca juga: 5 Cara Menjaga Kebersihan Storage di Kamar Mandi )

LEAVE A REPLY