Beragam Objek Wisata di Berastagi

Salah satu tempat wisata yang cukup popular di Sumatera Utara ialah Berastagi. Anda pernah berwisata ke sana? Jika ke sana, jangan lupa untuk menyempatkan diri ke Berastagi yang berada di kabupaten Tanah Karo ini. Berastagi sendiri merupakan dataran tinggi dengan udara sejuk dan segar, pemandangan alam yang menawan, serta hasil pertanian yang melimpah.

Tempat ini diapit oleh dua gunung, yakni Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung. Jika berangkat dari Kota Medan, dengan jarak tempuh sekitar 70 km, perjalanan akan memakan waktu kurang dari dua jam untuk sampai ke kawasan wisata ini. Dalam perjalanan menuju Berastagi, Anda akan disuguhkan dengan pemanadangan indah Bukit Gundaling dengan air dananunya yang tampak menghijau.

Beragam Objek Wisata di Berastagi

Bukit Gundaling merupakan salah satu objek wisata di Berasatagi yang bisa dikunjungi. Di bukit yang berhiaskan pohon pinus ini, pengunjung dapat berkeliling dengan menunggang kuda. Berikutnya, 10 km dari Berastagi, tepatnya di kaki Gunung Sibayak, di Desa Doulu, Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Tanah karo, di ketinggian sekiatr 2.100 km, terdapat pemandian air panas Lau Sidebuk-debuk.

Beragam Objek Wisata di Berastagi

Sumber air panas di kawasan ini muncul dari retakan yang terbentuk akibat aliran lava di daerah selatan lereng Gunung Sibayak. Selain pemandian air panas, Berastagi juga mempunyai objek wisata Air Terjun Sikulikap yang dikelilingi oleh hutan hujan tropis dan hanya berjarak sekitar 11 km dari Kota Berastagi. Dari jalan, pengunjung akan menuruni anak tangga kemudian menelusuri hutan selama 15 menit, setelahnya Anda akan menemukan air terjun setinggi 30 m.

Sedikit lebih jauh, sekitar 15 km dari Berastagi, Anda akan menemui Desa Lingga atau disebut juga Desa Kuno. Desa Lingga merupakan sebuah desa kuno yang berada di Kecamatan Simpang Empat, sekitar 15 km dari Berastagi. Di dataran tinggi sekitar 1.200 m dari permukaan laut ini, pengunjung dapat menjelajahi wisata budaya dan mengunjungi rumah-rumah tua berumur ratusan tahun. Sebuah museum yang memajang berbagai barang peninggalan Kerajaan Karo juga bisa menjadi objek wisata yang menarik saat Anda ke desa ini.

Beragam Objek Wisata di Berastagi Beragam Objek Wisata di Berastagi

Selain itu, jangan lupakan Taman Alam Lumbini, taman ini memiliki pagoda tertinggi di Indonesia. Lokasinya di atas bukit di daerah Berastagi, yakni Desa Tongkoh. Kemegahan pagoda d Taman Alam Lumbini dapat langusng terlihat dari warna emasnya yang menyelimuti hampir seluruh permukaan bangunan. Pagoda ini juga merupakan replika dari Shwedagon di Burma, Myanmar. Taman Alam Lumbini seluas tiga hektare ini pun dilengkapi dengan taman luas dengan mengikuti kontur alam yang tentunya sangat memesona.

Beragam Objek Wisata di Berastagi Beragam Objek Wisata di Berastagi

Banyak sekali bukan objek wisata yang ditawarkan Berastagi? Bila belum cukup, Bukit Kubu juga bisa menjadi pilihan yang menarik. Di sana, terdapat panorama padang rumput hijau yang menyejukkan dan sejumlah rumah peninggalan kolonial Belanda, termasuk rumah yang pernah menjadi tempat persinggahan presiden pertama RI, Ir. Soekarno. Setelahnya, Anda dapat mampir ke pasar buah Berastagi dan menikmati buah yang populer di sana, seperti buah markisa dan jeruk.

Selamat berwisata ke Berastagi!

Beragam Objek Wisata di Berastagi

Beragam Objek Wisata di Berastagi

Foto: Didan N. Sardjono

Artikel ini ditulis kembali dari artikel di Majalah Griya Asri Edisi November 2015, “Berastagi, Kota Peninggalan Belanda” oleh Didan N. Sardjono.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY