Berandai-Andai dalam Dutch Design Week

Salah satu event desain terbesar di Belanda, Dutch Design Week (DDW) kini tengah berlangsung di Eindhoven. Acara yang telah digelar untuk ke-14 kalinya tersebut diselenggarakan selama sembilan hari, dari 17-25 Oktober. Sebanyak 2.500 desainer dari berbagai bidang akan menunjukkan karya terbaru mereka di hampir 100 lokasi, dengan sekitar 400 events.

Acara ini terbilang besar karena menawarkan beragam program, termasuk exhibitions, presentasi, eksperimen, seminar, workshop, lectures, serta meet and greet. DDW juga akan mengelar program regular mereka, exhibitions di Klokgebouw oleh art directors, Guus Kusters dan Maarten Kolk, Dutch Design Awards, Design Academy’s Graduation show, serta presentasi oleh Dutch Invertuals. Area acara sendiri akan terkonsentrasi di tiga wilayah dengan karakter yang berbeda-beda, yakni Strijp Area, Central Area, dan East Area.

Sementara untuk tema, kali ini DDW akan menonjolkan, merayakan, sekaligus, menantang, kekuatan imajinasi para desainer, dengan mengusung tema “what if….” DDW menilai bahwa pertanyaan tersebut merupakan awal mula kreativitas dan inovasi mulai tercipta. Menurut Martijn Paulen, DDW Director, menempatkan pertanyaan yang tepat merupakan “mesin” bagi sebuah imajinasi. Paulen menambahkan, desainer berpikir mengenai bagaimana manusia akan hidup dan hidup bersama di masa depan. Mereka berani untuk mempertanyakan segalanya dan memimpikan jawaban yang berbeda kemudian mewujudkannya, begitulah seharusnya desainer membuat dasar sebuah inovasi di masa depan.

Sumber: ddw

LEAVE A REPLY